ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS RENDAH SD PERTIWI MAKASSAR

Authors

  • Muryono Universitas Muhammadiyah makassar
  • Erwin Akib Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Akhir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28231

Keywords:

Membaca Permulaan, Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan yang dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus (Autis) SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat membaca permulaan yang dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus (Autis) SD Pertiwi Makassar Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpul melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data, yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan anak berkebutuhan khusus adalah anak yang dalam proses tumbuh kembangnya mengalami gangguan dan hambatan secara bermakna dari kriteria normal dalam karakteristik mental, intelektual, sensorik, neuromotor, fisik, perilaku sosial, kemampuan berkomunikasi kesulitan belajar, berpenyakit kronis, atau gabungan dari dua atau lebih karakteristik tersebut, dan karena gangguan dan hambatan tersebut diperlukan modifikasi layanan pendidikan yang disebut pendidikan khusus untuk mengajar anak berkebutuhan khusus membaca permulaan

References

Dananjaya, J. (1991). Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. Jakarta: Percetakan PT Temprint.

Djamaris, E., dkk. (1996). Nilai Budaya dalam Beberapa Karya Sastra Nusantara: Sastra Daerah di Kalimantan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Endraswara, S. (2009). Metodologi Penelitian Folklor Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Finnegan, R. (1992). Oral Tradition and the Verbal Arts. London: Routledge.

Firdaus, A, Setiadi, D. (2014). Teks Mantra Embeung Beurang Seputar Kehamilan dan Kelahiran Bayi di Cidolog Kabupaten Sukabumi. Kumpulan Makalah. Seminar Nasional Paramasastra 3 Bahasa, Sastra dan Pengajarannya dalam Paradigma Kekinian 2014, 377 – 385.

Fitriani, D. (2018). Mantra Pengobatan dalam Upacara Penyembuhan terhadap Karakteristik Masyarakat Lebak-Banten. Fon: Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, Vol. 12, No.1, 53 – 58.

Lord, A.B. (1981). The Singer of Tales. Cambridge: Harvard University Press.

Muhazetty, B. (2017). Mantra dalam Budaya Jawa (Suntingan Teks Jawa dan Kajian Pragmatik). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ramadhan, V. (2016). Peranan Magis Jangjawokan Nyadarkeun dalam Seni Tradisi Reak Helaran di Kecamatan Cibiru Kota. Bandung. Bandung: Skripsi UPI.

Rusyana, Y. (1970). Bagbagan Puisi Mantra Sunda. Bandung: Proyek Penelitian Pantun dan Folklor Sunda.

Soedjijono, dkk. (1987). Struktur dan Isi Mantra Bahasa Jawa di Jawa Timur. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugono, D. (Pemimpin Redaksi). (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Taum, Y. Y. (2011). Studi Sastra Lisan Sejarah, Teori, Metode, dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya. Yogyakarta: Penerbit Lamalera.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Muryono, Erwin Akib, & Muhammad Akhir. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS RENDAH SD PERTIWI MAKASSAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 37–52. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28231