HUBUNGAN ANTARA SUPERVISI AKADEMIK DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KINERJA GURU SD
Keywords:
IndonesiaAbstract
Artikel ini ditulis dengan memakai penelitian Eksperimen. Penelitian yang dicoba ini dengan memakai pendekatan kuantitatif dengan metode statistik serta deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana ataupun sejauh mana hubungan antara supervisi akademik dengan kompetensi profesional serta kinerja guru sekolah dasar. Memandang sebagian fenomena dalam sekolah terkhusus dikala guru mengajar, secara tidak langsung, profesionalisasi serta kinerja guru dalam mengajar ini menjadi keperluan yang sangat berarti sebab mewajibkan tenaga pendidik untuk tingkatkan mutu kompetensi dan keahlian dalam melaksanakan pelayanan semaksimal mungkin. Untuk menanggulangi kasus tersebut maka perlu dicoba sebuah tindakan ialah dengan melaksanakan pembimbingan. Proses pembimbingan tersebut bisa dilakukan dengan suatu program supervisi dengan kepala sekolah yang memperankan peran penting dalam memastikan penerapannya. Ada pula manfaat dalam melaksanakan supervisi ialah kepala sekolah serta guru dapat saling membagikan kritik serta masukan demi untuk meningkatkan kompetensi profesional, kinerja, kemajuan sekolah serta perkembangan siswa dalam belajar.
References
S. Sanei and J. A. Chambers, “EEG Signal Processing,” John Wiley and Sons Ltd, pp. 313, 2007.
M. Darbas and S. Lohrenger, “Review on mathematical modelling of electroencephalography (EEG),” Jahresber Dtsch Math, vol. 91, no. 2, pp. 67-72, 2018.
S. N. Khotimah et al., “Characterization of the changes in electroencephalogram power spectra due to sound stimulation,” Journal of Physics Conference Series, vol. 1248, no. 1, p. 012022, 2019.
I. Seleznov et al., “Detrended fluctuation, coherence and spectral power analysis of activation rearrangement in eeg dynamics during cognitive workload,” Frontiers in Human Neuroscience, vol. 13, p. 270, 2019.
L. Shao et al., “A flexible dry electroencephalogram electrode based on graphene materials,” Mater Res Express, vol. 6, p. 085619, 2019.
G. Repovs, “Dealing with Noise in EEG Recording and Data Analysis,” Informatica Medica Slovenia, vol. 15, no. 1, 2010.
“How to reduce noise in EEG recordings,” https://mentalab.com/insights/how-to-reduce-noise-in-eeg-recordings/4/2021 (accessed 1 May 2021).
N. Fathima and K. Umarani, “Reduction of Noise in EEG Signal using Faraday's Cage and Wavelets Transform A comparative Study,” International Journal of Engineering Science and Computing, pp. 8566-8569, 2016.
H. K. Mclsaac et al., “Claustrophobia and the magnetic resonance imaging,” J Behav Med, vol. 21, pp. 255-268, 1998.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Dasar