PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA

Authors

  • Heldanita Heldanita UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Salsabila Asri UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Welli Marlisa UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Melly Andriani UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sri Murhayati UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Susiba UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.34374

Keywords:

The Power of Two Learning Strategy, Cooperation Ability, Student of Elementary School

Abstract

ABSTRACT

This research aimed at finding out the increase of student cooperation ability through the  implementation of the Power of Two learning strategy at the fourth grade of Babussalam  Elementary School Pekanbaru. It was a classroom action research. The subjects of this  research were a teacher and 16 of the fourth-grade students at Babussalam Elementary School  Pekanbaru. The objects were the Power of Two learning strategy with Corner Clock media  and cooperation ability. This research was conducted for two cycles, and every cycle  comprised two meetings. Documentation, observation, and test were the techniques of  collecting data. The technique of analyzing data was qualitative descriptive with percentage.  Based on the research findings and data analyses, the Power of Two learning strategy could  increase student cooperation ability. It could be seen from the upgrade graph of student

Keyword : The Power of Two Learning Strategy, Cooperation Ability, Student of Elementary School

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa melalui strategi pembelajaran the power of two di kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini  merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 16 orang  siswa kelas IV SD Babussalam Pekanbaru, dan objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran the power of two sudut dan kemampuan kerja sama. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes, sedangkan teknik analisisnya adalah  deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data,  diketahui strategi pembelajaran the power of two dapat meningatkan kemampuan kerja sama  siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan kemampuan kerja sama siswa sejak pra-siklus yang hanya mencapai nilai rata-rata 56,87 dengan kategori rendah, lalu meningkat pada siklus I menjadi 57,96 dengan kategori rendah, dan meningkat kembali pada siklus II  dengan nilai rata-rata 84,06 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran the power of two dapat meningkatkan kemampuan  kerja sama siswa di kelas IV SD Babussalam Pekanbaru.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran The Power of Two, Kemampuan Kerja Sama, Siswa SekolahDasar

 

Published

2023-03-12

How to Cite

Heldanita, H., Asri, S., Marlisa, W., Andriani, M., Sari, H. P., Murhayati, S., & Susiba. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 133–144. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.34374