PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.34374Keywords:
The Power of Two Learning Strategy, Cooperation Ability, Student of Elementary SchoolAbstract
ABSTRACT
This research aimed at finding out the increase of student cooperation ability through the implementation of the Power of Two learning strategy at the fourth grade of Babussalam Elementary School Pekanbaru. It was a classroom action research. The subjects of this research were a teacher and 16 of the fourth-grade students at Babussalam Elementary School Pekanbaru. The objects were the Power of Two learning strategy with Corner Clock media and cooperation ability. This research was conducted for two cycles, and every cycle comprised two meetings. Documentation, observation, and test were the techniques of collecting data. The technique of analyzing data was qualitative descriptive with percentage. Based on the research findings and data analyses, the Power of Two learning strategy could increase student cooperation ability. It could be seen from the upgrade graph of student
Keyword : The Power of Two Learning Strategy, Cooperation Ability, Student of Elementary School
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa melalui strategi pembelajaran the power of two di kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 1 orang guru dan 16 orang siswa kelas IV SD Babussalam Pekanbaru, dan objek penelitiannya adalah strategi pembelajaran the power of two sudut dan kemampuan kerja sama. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes, sedangkan teknik analisisnya adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diketahui strategi pembelajaran the power of two dapat meningatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan kemampuan kerja sama siswa sejak pra-siklus yang hanya mencapai nilai rata-rata 56,87 dengan kategori rendah, lalu meningkat pada siklus I menjadi 57,96 dengan kategori rendah, dan meningkat kembali pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,06 atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran the power of two dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa di kelas IV SD Babussalam Pekanbaru.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran The Power of Two, Kemampuan Kerja Sama, Siswa SekolahDasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Dasar