ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER BERKEBINEKAAN GLOBAL MELALUI METODE BERCERITA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR

  • Nurun Maghfiroh Universitas muhammadiyah gresik
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Berkebinekaan global adalah salah satu profil pelajar pancasila yang harus dipelajari oleh peserta didik, yakni menghargai keberagaman yang ada dan tidak menutup diri dari budaya luar. Metode bercerita dapat digunakan untuk membentuk karakter berkebinekaan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembentukan karakter berkebinekaan global melalui metode bercerita kepada peserta didik kelas 4 UPT SD N 12 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif, dengan tujuan mendeskripsikan kejadian yang berlangsung selama pengambilan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket, dengan subjek peserta didik kelas 4 UPT SD N 12 Gresik yang berjumlah 29 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter berkebinekaan global melalui metode bercerita pada peserta didik hasilnya cukup baik. Kegiatan yang menyenangkan dan menarik perhatian peserta didik mempengaruhi pembentukan karakter berkebinekaan global. Upaya yang dapat dilakukan adalah memberi arahan atas sikap yang dirasa kurang sesuai dengan makna berkebinekaan global.

References

Agnia, A. S. G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. 5, 1–5.

Angga, Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. 6(1), 1046–1054.

Ardiana, D. P. Y., Widyastuti, A., Susanti, S. S., Halim, N. M., Herlina, E. S., Nugroho, D. Y., Fitria, D., Veryawan, & Yuniwati, I. (2021). Metode Pembelajaran Guru (A. Rikki & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. depublish publisher.

Sadiana, M., & Yulidesni. (2016). Penerapan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini. 15(2), 9–16.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan; Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sugiyono, B. (2021). Pancasila Sebagai Perekat & Pemersatu Bangsa (1st ed.). Media Nusa Creative.

Sukatin, & Al-Faruq, M. S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Penerbit Deepublish.

Umam, N. K., & Firdausa, A. R. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar. 28(2), 42–48. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4377

Zuchon, D. (2021). Tunas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar; Direktorat Jenderal PAUD; Dikdas dan Dikmen; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Published
2023-07-27
How to Cite
Maghfiroh, N., & Umam, N. K. (2023). ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER BERKEBINEKAAN GLOBAL MELALUI METODE BERCERITA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 75-83. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.37471