PENGARUH PENDEKATAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SPEECH DELAY

PENGARUH PENDEKATAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SPEECH DELAY

Authors

  • Nurwahida Nurwahida Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rukli Rukli Sekolah Dasar Negeri 15 Sela

Abstract

This study aims to test the effectiveness of the chain whisper approach in improving children's speaking skills with Speech Delay at UPT SDN 15 Sela, Bungoro District, Pangkajene and Islands Regency. This research uses the single subject research (SSR) method with an ABAB design. The research subject is an 11 year old boy who is currently in grade 5 of elementary school with Speech Delay named Safaruddin. The research results show that the chain whisper approach is effective in improving the speaking skills of children with speech delay. In the baseline phase, research subjects were only able to speak 40%. In the intervention phase, research subjects were 60% able to speak. In the advanced baseline phase, research subjects were 73% able to speak. In the advanced intervention phase, research subjects were 91% able to speak. Based on the results of this research, it can be concluded that the chain whisper approach is an effective intervention to improve the speaking skills of children with speech delay

References

Aminah, S., Ramawani, N., Azura, N., Fronika, S., Meitha Hasanah, S., & Salsabillah, T. (2022). Pengaruh Metode Belajar Sambil Bermain Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar. Science and Education Journal (SICEDU). https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.66

Amiruddin, A., Mannahali, M., & Muthmainnah, S. (2022). Efektivitas Metode Permainan Bisik Berantai dalam Maharah Istima’ Siswa Kelas VIII MTS Attaufiq Padaelo Kabupaten Barru. Al-Fashahah: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature. https://doi.org/10.59562/al-fashahah.v2i1.34046

Bazaz, T. M., Haryati, I., Ramadhan, P., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Pembelajaran Berbicara pada Anak Usia Dini di TK Raudhatunnisa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1476

Epifania Margareta Ladapase. (2022). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 4 Tahun (Studi Kasus Di Lembaga Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Karya Ilahi). Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang. https://doi.org/10.36805/empowerment.v1i2.627

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Hestiyana, N., Sinambela, D. P., & Hidayah, N. (2021). Deteksi Kejadian Speech Delayed Pada Anak Dengan Algoritma ID3. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan. https://doi.org/10.33859/dksm.v12i2.752

ISTAQAM, N. (2021). Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v5i2.331

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak USIA 6 TAHUN. Preschool. https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026

Mahmudianati, N., Ariani, M., & Hestiyana, N. (2023). Kejadian Speech Delay Pada Balita Dengan Kecemasan Orang Tua Pada Anak Speech Delay Di RSUD Ulin Banjarmasin. Journal of Health (JoH). https://doi.org/10.30590/joh.v10n1.537

Muhammad Majdi, & Ahmad Shofiyuddin Ichsan. (2019). Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 1 MI dalam Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.83

Mustika, D. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Spech Delay) Pada Anak Usia 11 Tahun Di SLB Negeri 1 Padang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 12(1), 13–18. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v12i1.6831

Mustopa, F. L., Pinilih, A., & Faqih, M. (2019). Analisis Riwayat Penggunaan Bahasa Bilingual Dengan Anak Keterlambatan Bicara Di Rs Imanuel Bandar Lampung Tahun 2019. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. https://doi.org/10.33024/jikk.v6i4.2084

Nilawati, E., & Suryana, D. (2018). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Padang.

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Saintifik Dengan Metode Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Pratiwi, M. M., Yanuarini, T. A., & Yani, E. R. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara Dan Bahasa Pada Anak Balita: Studi Literatur. Al-Insyirah Midwifery: Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwifery Sciences). https://doi.org/10.35328/kebidanan.v11i2.2193

Puspitasari, I., Setyawati, E., & Rahayu, D. (2023). Edukasi Speech Delay pada Anak di Desa Kayen. Journal of Social Empowerment. https://doi.org/10.21137/jse.2023.8.1.5

Raras, H. (2019). Keterampilan Berbicara Dengan Pidato. INA-Rxiv pper.

Siti Aminah, & Ratnawati. (2022). Mengenal Speech Delay Sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda. https://doi.org/10.33222/jaladri.v8i2.2260

Taqiyah, D. B., & Mumpuniarti, M. (2022). Intervensi Dini Bahasa dan Bicara Anak Speech Delay. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2494

Tesalonika, C., Prasida, T. A. S., & Prestiliano, J. (2023). Perancangan Board Game sebagai Media Edukasi Bicara Siswa Berkebutuhan Khusus “Speech Delay”. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1944

WAHYU SETYO WULAN. (2015). Mengembangkan Kemampuan Berbicara Melalui Meotde Permainan Bisik Berantai Pada Anak Kelompok A RA Perwanida Birowo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Mengembangkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Permainan Bisik Berantai Pada Anak Kelompok a Ra Perwanida Birowo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.

Wulandari, A. N. N., Sari, Y., & Febriana, I. (2023). Analisis Faktor Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Nafeesa Usia 5 Tahun. Kode : Jurnal Bahasa. https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44353

Yosefa, V. (2021). Pengaruh Keterampilan Meronce Terhadap Motorik Halus Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SDLB Bhakti Luhur Cabang Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.400

Zizlavsky, S., & Mariska, T. C. (2019). Agenesis corpus callosum: dampaknya pada perkembangan bicara anak. Oto Rhino Laryngologica Indonesiana. https://doi.org/10.32637/orli.v49i20.321

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Nurwahida, N., & Rukli, R. (2024). PENGARUH PENDEKATAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SPEECH DELAY: PENGARUH PENDEKATAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SPEECH DELAY. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 181–193. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/43288