ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR PADA PENDIDIKAN ABAD KE-21

Authors

  • Sari Meilani Safitri Universitas Jambi
  • Neni Alpia Universitas Jambi, Indonesia
  • Metha Delilla Universitas Jambi, Indonesia
  • Said M. F. Universitas Jambi, Indonesia
  • Sri A.S Universitas Jambi, Indonesia
  • Yovita K Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpd.v15i1.44814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan Profil Pelajar Pancasila (PPP) di sekolah dasar pada pendidikan abad ke-21. Penelitian ini didasarkan pada proses studi pustaka menggunakan metode qualitative research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila yang di terapkan di Sekolah Dasar Negeri 214/IV Kota Jambi hanya lima dimensi. Untuk dimensi kebhinnekaan global guru belum menerapkan dimensi tersebut kedalam pembelajaran di dalam kelas dikarenakan kurikulum merdeka memberikan kebebasan memilih kepada pendidik untuk mengoptimalkan pembelajaran. Dalam tahap penerapan Profil Pelajar Pancasila (PPP) ada 4 tahap. Tahap pertama yaitu perencanaan, tahap kedua kegiatan pembuka, tahap ketiga kegiatan inti dan tahap keempat yaitu kegiatan penutup.

Author Biography

Sari Meilani Safitri, Universitas Jambi

    • Email adress: sarimeilanisafitri93@gmail.com
    • Afiliation : Universitas Jambi
    1. Sari Meilani Safitri was born in Jambi, May 23th 2000. Last degree in Early Childhood Education Program Teacher Degree. Phone number 088287315536
    2. Neni Alpia. Last degree in Primary Teacher Education.
    3. Metha Delilla. Last degree in Early Childhood Education Program Teacher Degree
    4. Sahid Muhamad Fachri. Last degree in English Language Education
    5. Sri Aini Septia. Last degree in Physical Education
    6. Yovita Khairunnisa. Last degree in Biology Education

References

Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087
Anggraena, Y., Dkk. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Edisi 1. Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Badelah, B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan Pendahuluan Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Role Model Menggunakan Metode Lesson Study. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(2), 214-224.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.
Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila
Irawati, D., Iqbal, M, A., Hasanah, A., Arifin, S, B., Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa., Jurnal Edumaspul, 6 (1), Year 2022 – 1225., Vol. 6 – No. 1, year (2022), page 1224- 1238 | ISSN 2548-8201 (Print) | 2580-0469) (online)
Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Kemendikbud. (2022). Dimensi, Elemen, dan Sub elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pit. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Masruhin, S., Ali, H., & Rosadi, K. I. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Islam: Sistem Berfikir Kebenaran, Pengetahuan, Nilai (Moralitas). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 844-857.
Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Education, Vol 9-No. 4, 1638-1645.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.
Permendikbud. (2022) Keputusan Mendikbud Ristek No. 22 Tahun 2022 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Sekretariat Negara.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.
Safitri, A. O., & Dewi, D. A. (2021). Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Implementasinya Dalam Berbagai Bidang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 88-94.
Sani, M. (2019). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3)
Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S.,& Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90
Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tentang Kurikulum Merdeka. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28-33.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In CV Nata Karya (Vol. 53, Issue 9). Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.
Suyanto. (2020). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar. KOMPAS, 08 Pebruasi, 6. https://suyanto.id/implikasikebijakan-merdeka-belajar.
Yuniharto, B. S., & Nisa, A. F. (2022). Implementasi model pembelajaran ajak temani mandiri untuk menanamkan profil pelajar Pancasila. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(1), 65-71.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Safitri, S. M., Alpia, N., Delilla, M., M. F., S., A.S, S., & K, Y. (2024). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR PADA PENDIDIKAN ABAD KE-21. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 88–102. https://doi.org/10.21009/jpd.v15i1.44814