KEMAMPUAN MENYUSUN HIPOTESIS DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ai Salsiah Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Compile hypothesis, natural science, eksperimen, elementary school

Abstract

This Research aimed  at  increasing the ability compiled hypothesis in Scientific Learning through the experiment method. This Research is done at  SDNegeriPajeleran 01 located at Jl. DadiKusmayadi kelurahan Sukahati Kecamatan Cibinong. Research is an action research class room. The observation Result that the average of students  score in scientific subject got higher from 68 become 80, KKM achievements increase as high as 23% and the ability compiles hypothesis at each indicator is increase from 2,99 to 3,22, logical indicator increase 3,19  to 3,21 and deductive indicator increase from  2,90 to 3,20. The Rule of teacher action and participant have reached 100%. This research Result can become input for teacher to apply experiment method in compiling hypothesis at scientific learning.

 Keyword: Compile hypothesis, natural science, eksperimen, elementary school.

 Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan meyusun hipotesis melalui metode ilmiah percobaan .Penelitian ini ini dilakukan pada SD Negeri Pajeleran 01 yang terletak di jl .Dadi kusmayadi kelurahan Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten bogor. Jenis penelitian ini adalah PTK kemimis serta mc . Pengamatan hasil bahwa rata-rata siswa mencetak gol ilmiah tunduk punya lebih besar dari 68 menjadi 80 , prestasi meningkatkan setinggi kkm 23 % dan kemampuan mengkompilasi hipotesis di setiap indikator mengalami peningkatan untuk semua dari 2,99 untuk 3,22 , indikator meningkatkan 3,19 untuk 3,21 logis dan indikator deduktif meningkat dari 2,90 untuk 3,20 .Supremasi guru tindakan dan peserta telah mencapai 100 % .Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru untuk menerapkan percobaan metode ilmiah dalam kompilasi hipotesis di belajar.

 

Kata Kunci : Menyusun hipotesis, pembelajaran ilmu pengetahuan alam, eksperimen, sekolah dasar

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

Salsiah, A. (2015). KEMAMPUAN MENYUSUN HIPOTESIS DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 190–201. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/480