PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • Dwi Utami Guru Sekolah Dasar pondok Rangon Pagi

Keywords:

Brainstorming, Learning, think critical, natural sciences

Abstract

To the effect research this to see influence method brainstorming to
ability thinks critical on learning n a t u ra l s c i e n c e s student material cycle water
and scene nature. Data collecting is done by use of essays ability think critical natural
sciences with material cycles water and nature scene. Then accounted normality data
utilize Lilliefors and class homogeneity utilize Bartlett. Examination result normality
and homogeneity points out that data get distribution normal and both of class
homogeneous hereafter dianalisis with quiz t. Extrapolation result tests t acquired
thitung's price as big as 2,99. ttabel's price on signifikansi's level α =0,05 and dk=68 is
1,691. By since thitung's price more outgrow instead of ttabel (2,99>1,691),
therefore hypothesis zero refused and hypothesis job accepted. With such method
brainstorming is ascendant signifikan to ability think critical on learning n a t u r a l
s c i e n c es with material cycles water and student nature scene braze v elementary
school.


Key word : Brainstorming, learning, think critical, natural sciences.

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh metode brainstorming terhadap
kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA siswa materi daur air dan peristiwa
alam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis
IPA dengan materi daur air dan peristiwa alam. Kemudian dihitung normalitas data
menggunakan Lilliefors dan homogenitas kelas menggunakan Bartlett. Hasil pengujian
normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua
kelas homogen selanjutnya dianalisis dengan uji-t. Hasil penghitungan uji-t diperoleh
harga thitung sebesar 2,99. Harga ttabel pada taraf signifikansi α=0,05 dan dk=68 adalah
1,691. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (2,99>1,691), maka
hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian metode
brainstorming berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis pada
pembelajaran IPA dengan materi daur air dan peristiwa alam siswa kelas V sekolah
dasar.
Kata kunci: Brainstorming, pembelajaran, berpikir kritis, ilmu pengetahuan alam.

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

Utami, D. (2015). PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 232–241. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/487