PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Ruri Tria Astika Guru Sekolah Dasar Negeri 147 Palembang
Keywords: Teams's method Tournament's Gamete, Numbered Heads Together, Concept self, Educations learned result civic

Abstract

This research intent to know influence of Teams's method Tournament's Gamete and Numbered HeadsTogether and concept self to Educations learned result civic. Research is done on classes educative participant v Elementary School147 Palembang, with student amount as much 32 students. Research utilizes treatment by level 2 x 2. analisis'sTeches data is analisis variance two bands (ANAVA). Observational result (1 ) participant group are taught that have concept self tall given by Teams's method Tournament's Gamete and participant is taught that have concept self low is given methodics Numbered Heads Together (2 ) Mark Sense I nteraksi among methodicskooperatif's learning with concept self to educations learned result civic.

 

Key word:  Teams's method Tournament's Gamete, Numbered Heads Together, Concept self, Educations learned result civic

 

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode Teams Games Tournament dan Numbered HeadsTogether serta konsep diri terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas V SD Negeri 147 Palembang, dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa. Penelitian menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian (1) kelompok peserta didik yang memiliki konsep diri tinggi diberikan metode Teams Games Tournament dan peserta didik yang memiliki konsep diri rendah diberikan  metode Numbered Heads Together (2) Adanya Interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dengan konsep diri terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.

 

Kata Kunci: Metode Teams Games Tournament, Numbered Heads Together, Konsep diri, Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Published
2015-12-30
How to Cite
Astika, R. T. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 302 - 311. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/495