PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SEKECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN

Authors

  • Jumhariyani Jumhariyani Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Learning Methode, Discovery Learning Methode, Ekspositori Methode, Critical Thinking Ability, Mathematics Abilitiy

Abstract

This research goals to determined the effect of Instructional Media and Self Regulated Learning toward Mathematics ability. The research was conducted in 4th grade state primary school Menteng Atas 11 Pagi Setiabudi South Jakarta in 2nd semester 2015/2016 academic year. The data collected by test and analyzed by ANOVA. The research found: 1) Student’s mathematics ability learned discovery learn methode is higher than student learned using ekspositori methode; 2) there is an interaction effects between learned using discovery methode and critical thinking ability learning toward mathematics ability; 3) for students who have higher critical thinking ability, their mathematics ability better if they learned using discovery learn methode; 4) for students who have lower criticl thinking, their mathematics ability better if they learned ekspositori methode.The results of this research indicate that discovery methode and critical thinking ability learning can improve mathematics ability.

 

Keywords:  Learning Methode, Discovery Learning Methode, Ekspositori Methode, Critical Thinking Ability, Mathematics Abilitiy.

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode penemuan terbimbing dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Menteng Atas 11 Jakarta Selatan pada kelas IV semester dua tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan matematika siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan matematika siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori; 2) terdapat pengaruh interaksi antara metode penemuan terbimbing dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan matematika; 3) bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, kemampuan matematika siswa tinggi jika siswa belajar menggunakan metode penemuan terbimbing; 4) bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, kemampuan matematika siswa tinggi jika siswa  belajar menggunakan metode ekspositori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing dan kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan kemampuan matematika.

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Metode Penemuan Terbimbing, Metode Ekspositori, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Matematika.

Downloads

Published

2016-05-30

How to Cite

Jumhariyani, J. (2016). PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SEKECAMATAN SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 62–73. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/506