MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA
Keywords:
keterampilan proses sains, berpikir kritis,dan model pembelajaranAbstract
Abstract: The purpose of this research is to know the improvement of science process skill of students who are treated with Inquiry learning model and students who are treated with Problem solving learning model, and to know the effect of learning model interaction and critical thinking on science process skill.The design of this study using experimental methods. Data analysis used in this research is two way analysis variance (ANOVA) with 2x2 factorial design experiment design. The population in this study is all students of grade V SD in the sub district Rajeg Tangerang district. The sample in this research is SDN Sukatani V Kecamatan Rajeg which spread in two classes. Class VA and VB each amounted to 35 students. the total sample is 70 students. The instruments in this research is test of science process skills in the form of a description test of 8 items and critical thinking instrument in the form of description test to 8 items.
Keyword:science process skill, critical thinking, and learning models.
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Inquiry dan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Solving, serta mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan proses sains.Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dengan desain eksperimen design factorial 2x2. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berada di kecamatan Rajeg kabupaten Tangerang. Sampel dalam penelitian ini adalah SDN Sukatani V Kecamatan Rajeg yang tersebar dalam dua kelas. kelas VA dan VB masing-masing berjumlah 35 siswa. Jumlah keseluruhan sampel yakni 70 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes keterampilan proses sains berupa tes uraian berjumlah 8 butir soal dan instrumen kemampuan berpikir kritis berupa tes uraian berjumlah 8 butir soal.
Kata Kunci:keterampilan proses sains, berpikir kritis,dan model pembelajaran
References
Hafez, Afif,Journal, Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students, World Journal of Education, Vol 5, No 1, 2015
Primarinda, Ikha, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi , Surakarta : Universitas Sebelas Maret, 2014
Normaya, Karim, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model JUCAMA, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3, No 1, April, 2015
Maikristina, Nanda, Jurnal, : Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhdap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Vol. 2 No. 2 Tahun: 2014.
Metraputri, Ni Kadek, Pengaruh Inquiry Terbimbing dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Proses Siswa pada Siswa Kelas IV, E-Journal PGSD, Vol 4, No 1, 2016.
Syafitri, Rita, Jurnal, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan berpikir kritis terhadap kemampuan berpikir ilmiah. Vol. 3 No. 1 Tahun: 2016.
Rustaman, Strategi belajar Mengajar Biologi, Bandung : UPI. 2015.
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287-298.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana, 2006
Tri Suci Naibaho, Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Keterampilan Proses Sains Siswa Di SMPN 03 Perbaungan, Medan : Universitas Medan, 2014.
Wahyuni, Sri, Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP, (Jurnal MIPA, Vol 20, No 2, Oktober Tahun : 2015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Dasar