PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Keywords:
Model pembelajaran, tematik terpadu, pendekatan saintifik, pembelajaran berbasis proyekAbstract
Abstract : This study aims to produce a valid, practical and effective project-based thematic learning model in improving the creative thinking ability of fourth grade students in second semester. Development research uses the procedure step of the Instructional Development Model (MPI) which consists of (1) identifying stage, 2) developing stage, and (3) evaluation and revising stage. Project-based thematic learning was piloted at SDN I Jatisampurna Bekasi involving 30 students and a classroom teacher. The instruments in this study consist of (1) appraisal and evaluation tools of the model book and its supporting tools, (2) instruments for the practical assessment of teachers and students, and (3) effectiveness instruments that include tests of students' creative thinking skills. The results show that the project-based integrated thematic learning model that includes syntax, social systems, reaction principles, support systems and instructional impacts, along with learning support tools have met the valid, practical, and effective criteria for improving students' creative thinking skills.
Keywords: learning model, integrated thematic, scientific approach, project-based learning.
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran tematik terpadu berbasis proyek yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SD kelas IV semester 2. Penelitian pengembangan menggunakan tahapan prosedur Model Pengembangan Instuksional (MPI) yang terdiri atas (1) tahap mengidentifikasi, (2) tahap mengembangkan, dan (3) tahap mengevaluasi dan merevisi. Pembelajaran tematik berbasis proyek diujicobakan di SDN I Jatisampurna Bekasi yang melibatkan 30 siswa dan seorang guru kelas. Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas (1) instrumen penilaian kevalidan buku model dan perangkat pendukungnya, (2) instrumen penilaian kepraktisan dari guru dan siswa, dan (3) instrumen keefektifan yang meliputi tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tematik terpadu berbasis proyek yang mencakup sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung dan dampak instruksional, beserta perangkat pendukung pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Dasar