UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI TOKEN ECONOMY PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dwi Rifti Amelia
  • Riana Bagaskorowati
  • Sarkadi Sarkadi

Abstract

Abstract: This study aims to improve the learning outcomes of civic education through token economy techniques on students of grade V A Klender 13 State Elementary School in East Jakarta. This research is an action research using Kemmis and Mc Taggart model, this action research is done in two cycles, subject in this research is all students of class V A Klender 13 State Elementary School in East Jakarta. From the data obtained from cycles I and II learning outcomes of citizenship education class V A State Elementary School Klender 13 East Jakarta has increased. It can be concluded that the use of token economy improves learning outcomes of citizenship education of class V A State Elementary School 13 East Jakarta. Keywords: Outcomes of civic education, token economy, action research

 

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui teknik token economy pada siswa kelas V A SDN Klender 13 Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, Subyek dalam penilitan ini yaitu seluruh siswa kelas V A SDN Klender 13 Jakarta Timur. Dari data yang diperoleh dari siklus I dan II hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V A SDN Klender Jakarta Timur mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik token economy meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas V A SDN Klender 13.

Kata kunci : Hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, teknik token economy, penelitian tindakan

References

Ahmad Susanto. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar Prenadamedia. 2014
Asep Jihaad dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran Multi Pressindo 2012
Edi Purwanta. Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pustaka pelajar. 2012
Garry Martin dan Joseph Pear. Modifikasi perilaku Makna dan Penerapannya Pustaka Belajar 2015
Mardenis. Pendidikan Kewarganegaraan PT RajaGrafindo Persada 2016
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Pemahaman Konsep Umum &Konsep Islami PT Refika Aditama. 2011
Rachmadtullah, R., & Wardani, P. A. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL AND LEARNING. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 116-127.
Rachmadtullah, R. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287-298.
Rohmaniah, N., Tegeh, I. M., & Magta, M. (2016). PENERAPAN TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi PT Rineka Cipta. 2013
Oemar Hamalik. Kurikulum dan pembelajaran Bumi Aksara. 2014
Wirman Burhan. Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 PT RajaGrafindo Persada 2016

Downloads

Published

2017-12-27

How to Cite

Rifti Amelia, D., Bagaskorowati, R., & Sarkadi, S. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI TOKEN ECONOMY PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 100–111. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5355