PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DI PROGRAM STUDI S1 PGSD UNWIDHA KLATEN
Abstract
Abstract: Textbooks become the most important element in the learning process of activities. The result of the study shows textbook in Civic Education in Primary School Teacher Education Study Program still lacks character education content especially the virtuous values, where the characters become the current heated debate in the world of education. This study attempts to develop a Civic Education textbook with character content based on moral values, by measuring student activities, achievements and student responses. This research was conducted by classroom evaluation research. Method by applying 4-D model. The subjects of the study were 20th students of 3rd semester and 26th semester 1 students of PGSD Unwidha Klaten. The results showed that: good learning activities with 77.6% of active students, 95% of students achieve mastery with an average of 80.75; teaching materials are worthy of use with an average of 83.2% and students respond favorably to textbooks.
Keywords : Textbook, character education, Pendidikan Kewarganegaraan
Abstrak : Buku ajar menjadi unsur terpenting dalam proses belajar kegiatan belajar mengajar. Hasil studi menunjukkan bahwa buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar masih minim muatan pendidikan karakternya apalagi nilai-nilai budi pekertinya., dimana karakter menjadi perdebatan hangat saat ini di dunia pendidikan. Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan konten karakter yang berbasis nilai-nilai budi pekerti , dengan mengukur aktivitas siswa, prestasi dan respon mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah evaluasi kelas dengan menerapkan model 4-D. Subyek penelitian adalah 20 mahasiswa semester 3 dan 26 mahasiswa semester 1 Program Studi PGSD Unwidha Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aktivitas pembelajaran baik dengan 77,6% siswa aktif, 95% siswa mencapai ketuntasan dengan rata-rata 80,75; bahan ajar layak digunakan dengan rata-rata 83,2% dan mahasiswa memberi respon positif terhadap buku ajar.
Kata Kunci : Buku Ajar, Pendidikan Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Dasar