KEEFEKTIFAN MEDIA PEMELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Authors

  • Tri Yuliono Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sarwanto Sarwanto Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Peduk Rintayati Universitas Sebelas Maret Surakarta

Keywords:

Augmented Reality Media, Digestive System, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan  penggunaan media pembelajaran Augmented Reality terhadap penguasaan konsep sistem pencernaan peserta didik sekolah dasar kelas V di kabupaten Sragen. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah semua peserta didik sekolah dasar kelas V di kabupaten Sragen dengan jumlah 13.173 peserta didik dan sampelnya 135 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Perlakuan menggunakan media pembelajaran Augmented Reality selama 4 minggu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Instrumen tes terdiri atas 25 soal pilihan ganda materi sistem pencernaan pada manusia. Data yang dikumpulkan berupa skor penguasaan konsep sistem pencernaan pada manusia kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Dalam penggunaan media pembelajaran Augmented Reality dapat dengan mudah memvisualisasikan apa yang terjadi dan mudah memahami konsep-konsep kompleks sehinga dapat memperlancar dan meningkatkan proses belajar serta hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektifan media agumented reality terhadap penguasaan konsep sistem pencernaan manusia pada peserta didik kelas V sekolah dasar di kabupaten Sragen.

Downloads

Published

2018-05-31

How to Cite

Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 65–84. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/6764