PELATIHAN GOOGLE FOR EDUCATION DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DWI WARNA DESA PEMAGARSARI, KECAMATAN PARUNG, KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT

  • Lari Sanjaya Department of Physics Education, Universitas Negeri Jakarta
  • Anggara Budi Susila

Abstract

Di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0, guru diharuskan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang demikian maju. Dimana dengan teknologi, diharapkan guru dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna dan berkesan. Revolusi industri 4.0 atau society 5.0 merupakan momentum perubahan bagi negara berkembang, termasuk Indonesia (Siswanto; 2019). Melalui implementasi Revolusi industri 4.0 atau society 5.0 dalam pembelajaran, Indonesia berkesempatan mengejar ketertinggalan dari negara-negara maju. Salah satu implementasi Revolusi industri 4.0 atau society 5.0 dalam pembelajaran adalah banyak diselenggarakannya kelas daring dan belajar jarak jauh. Google sebagai perusahaan raksasa teknologi di dunia, telah menyiapkan banyak aplikasi google for education untuk digunakan oleh para guru di seluruh penjuru dunia. Melalui aplikasi-aplikasi google for education, google memfasilitasi guru-guru untuk mengembangkan kelas virtual, pembelajaran jarak jauh, dan pembelajaran blended learning. Sehingga efektifitas pembelajaran meningkat dengan melibatkan teknologi dalam penyelenggaraannya. Seringkali kita tidak memahami karakteristik peserta didik dan memaksakan metode pengajaran yang kita anggap benar sehingga pencapaian hasil yang diharapkan tidak tercapai. Salah satu sarana yang dapat mewadahi dan mendukung proses pengajaran menegaskan bahwa penggunaan aplikasi dan teknologi dalam setiap pembelajaran sangatlah penting. Guru akan lebih mudah dalam mendeskripsikan materi yang sedang dijelaskan olehnya sehingga peserta didik pun akan lebih mudah dan cepat dalam memahami pelajaran. Ketiga jenis gaya belajar siswa pun dapat diakomodasi sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan lebih efektif.

Published
2021-03-18