PENINGKATAN INTERAKSI WEBSITE PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN FITUR CALL TO ACTION

  • M Mutoharoh Industry Engineering Study Program, Universitas Krisnadwipayana, Bekasi 13077, Indonesia
  • Dewi Muliyati Department of Physics Education, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220, Indonesia
  • Raffa Fitra Ramadannisa Department of Physics Education, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220, Indonesia
  • Vidya Kusumah Wardani Department of Physics Education, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220, Indonesia
Kata Kunci: call to action, website pembelajaran, interaksi pada website

Abstrak

Data We are social menunjukkan penetrasi populasi dibandingkan dengan jumlah mobile phone yang terkoneksi sebesar 124% pada Januari 2020. Hal ini menunjukkan angka yang sangat besar. Kebutuhan dan akses internet bahkan melonjak lagi pada banyak device seperti laptop dan komputer sejak diberlakukannya pembelajaran secara daring. Guru sebagai pemegang peran penting dalam desain pembelajaran berlomba-lomba membuat bahan ajar digital demi memfasilitasi pembelajaran daring ini. Semua hal yang sifatnya digital dan daring menjadi bahan-bahan yang wajib dipelajari dan dikuasai secara cepat oleh guru. Salah satunya adalah membangun website pembelajaran. Banyak pelatihan mengenai website pembelajaran, namun masih sedikit pelatihan yang spesifik membahas fitur-fitur tambahan dan interaksi pada website tersebut, salah satunya adalah fitur call to action. Melihat permasalahan ini penulis merasa perlu untuk mengadakan pelatihan fitur call to action pada website untuk guru. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan terkait desain website pembelajaran dan penguasaan fitur interaksi berupa call to action. Peserta pelatihan dapat mengimplementasikan fitur ini pada website pembelajaran masing-masing.

Referensi

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157.

Christianto, V. (2019). Perancangan Promosi untuk Panorama Ministry. Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara.

Dewi Setiawati, S., Fitriawati, D., Retnasary, M., & Yelifa, I. R. (2019). Pesan Pemasaran Senjata Untuk Membangun Digital Marketing. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(7), 131-151.

Hanief, S., & Jepriana, I. W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Kuliner Sate Lilit dan Ikan Kusamba Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 44-48.

https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/

Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial Bagi Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) di Malang Raya. SESINDO 9, 2017.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1-22.

We are social 2019.

We are social 2020.

Diterbitkan
2022-03-30