Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 169 Jakarta
Keywords:
model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS), pendekatan kontekstual, kemampuan pemahaman konsep matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 169 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent posttest only control group. Sampel penelitian ini dipilih menggunakan cluster random sampling yaitu kelas VIII-C sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan kontekstual) dan kelas VIII-E sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar berupa lima butir soal uraian yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis statistik dengan uji-t dan perhitungan besar pengaruh dengan uji Cohen’s Effect Size diperoleh bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 169 Jakarta pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar sebesar 84% pada taraf signifikansi α = 5%.