Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.15523Keywords:
kemampuan penalaran matematis, model Problem Based Learning, materi aritmetika sosialAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model Problem Based Learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus dan dilakukan kepada 36 siswa dengan memilih 6 siswa yang digunakan sebagai subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh selama proses tindakan pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan hasil kemampuan penalaran matematis siswa dapat meningkat melalui penerapan model Problem Based Learning. Peningkatan terlihat dari peningkatan setiap Subjek Penelitian (SP), nilai rata-rata tes akhir kemampuan penalaran matematis siswa yang masuk dalam kategori sangat baik, dan jumlah siswa yang telah dapat meraih kategori baik. Nilai rata-rata tes akhir kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-1 SMPN 176 pada siklus 1 adalah 68,17, meningkat pada siklus 2 menjadi 78,59 dan meningkat kembali pada siklus 3 menjadi 84,95 yang telah masuk kategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah siswa yang mendapatkan nilai tes akhir siklus melampaui kategori baik mengalami peningkatan. Pencapaian peningkatan jumlah siswa tersebut diraih dengan rata-rata yang telah meraih kategori baik pada siklus 1 yaitu sebanyak 25% siswa dan siklus 2 sebanyak 58% siswa serta kategori sangat baik pada siklus 3 sebanyak 75% siswa.