STUDI LITERATUR: PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA

  • Amarta Prayuti Universitas Negeri Jakarta
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta
  • Makmuri Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Problem Based Learning, Student’s Mathematical Abilities

Abstract

Pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata sempurna. Hasil PISA dan TIMSS menyatakan bahwa kemampuan matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Padahal, kemampuan matematis siswa penting untuk penerapannya dalam menyelesaikan masalah di dunia nyata. Salah satu solusinya adalah dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat dengan kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat kemampuan matematis apa saja yang akan berkembang dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode Penelitian yang digunakan adalah Studi Literatur dengan pendekatan kualitatif teknik Content Analysis. Dipilih 10 artikel dari artikel terakreditasi sinta 1 sampai sinta 5 dan dipilih judul-judul yang berkaitan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa diantaranya kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah, serta keterkaitan diantara ketiganya. Lebih jauh lagi artikel ini juga membahas strategi-strategi khusus yang dipadukan dengan model Problem Based Learning agar pembelajaran semakin bermakna. Pendidik dapat menggunakan model Problem Based Learning sebagai referensi pengajaran di sekolah serta Peneliti dapat meneliti lebih lanjut kemampuan matematis siswa lainnya yang berpengaruh jika menerapkan model Problem Based Learning.

References

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74.

Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2015). Eksplorasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Matematika Setting Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX, 336–345.

Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 85–97. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355

Barak, M., & Doppelt, Y. (2000). Using Portfolios to Enhance Creative Thinking. The Journal of Technology Studies, 26(2), 16–25. https://doi.org/10.21061/jots.v26i2.a.3

Barrett, T. (2016). Understanding Problem-Based Learning. April.

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 104–115. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10736

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. 5(1), 1–30.

Fathurrohman. (2001). Model-Model Pembelajaran. VDI Berichte, 1589, 105–112.

Firdaus, F., Kailani, I., Bakar, M. N. Bin, & Bakry, B. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(3), 226. https://doi.org/10.11591/edulearn.v9i3.1830

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis. Erlangga.

Foundation for Young Australians. (2016). The New Basics: Big data reveals the skills young people need for the New Work Order FYA’s New Work Order report series. 24.

Gunur, B., Ramda, A. H., & Makur, A. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Masalah Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Sikap Matematis Siswa. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 1.

Hastuti, E. S., Eclarin, L., & Dalam, K. K. S. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual Dalam. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 64–84. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6914

Ikram, M., Purwanto, & Parta, I. N. (2021). Analysis of The Occurrence of Reversible Reasoning for Inverse Cases: A Case Study on The Subject Adjie. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6635

Joyce, B., Weil, M., & Showers, B. (1992). Models of Teaching (4th ed.). Ally and Bacon.

Khoiri, W., & Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education., 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3328

Kosiret, A., Indiyah, F. H., & Wijayanti, D. A. (2021). The Use of Generative Learning Model in Improving Students’ Understanding of Mathematical Concepts of Al-Azhar 19 Islamic High School. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6593

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang.(TESIS). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM, 33–47.

Miao, Y., Holst, S. J., Haake, J. M., & Steinmetz, R. (2020). PBL-protocols: Guiding and Controlling Problem Based Learning Processes in Virtual Learning Environments. International Conference of the Learning Sciences, 244–249. https://doi.org/10.4324/9780203763865-50

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dan inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–44.

NCTM. (2000). Princples and Standards for School Mathematics. Journal of Equine Veterinary Science, 1–6. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Nurlaeli, N., Noornia, A., & Wiraningsih, E. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 145. https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.145-154

Partnership for 21st Century learning. (2009). 21st CENTURY STUDENT OUTCOMES. 1–9.

Pascarella, E., & Terenzini, P. (2005). How college affects students: A third decade of research. 2.

Prasetya, S. P. (2013). MEMFASILTASI PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA.

UU RI No. 20 Tahun 2003, Pub. L. No. 37 (2003).

Purnomo, D. J., Asikin, M., & Junaedi, I. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif Pada Geometri Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7450

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: insights and interpretations. OECD Publishing, 64.

Siswono, T. Y. E. (2007). Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 2(4), 1–10.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Pendidikan Matematika, 1, 1–15.

Sri Elita, G., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458.

Stoltz, P. G. (2005). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang (6th ed.). Grasindo.

Sunardi. (2016). Strategi Penguatan Pengembangan 4c’s Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 8–19.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. In T. T. T. Trianto (Ed.), Kencana Prenadamedia Group. Prenadamedia Group.

Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe Timss Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 34–41.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Problem Based Learning (Pbl) Learning Model: the Effect on Understanding of Concept and Critical Thinking. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(November), 399–408.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Published
2021-08-18