Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Terhadap Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

  • Nurapni Sopia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Keywords: Analisis, Komunikasi Matematis, Persamaan Linear Satu Variabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII B di SMP N 3 Sungai Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat. Selain itu, untuk menelaah masalah-masalah komunikasi yang dihadapi siswa selama pembelajaran pada materi Persamaan Linear Satu Variabel. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi dengan subjek penelitian 25 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket respon untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dengan 12 butir pertanyaan yang disebarkan secara langsung melalui offline. Ada enam indikator kemampuan komunikasi matematis yang dianalisis namun hanya satu indikator yang dapat dicapai dengan presentase perolehan hasil angket siswa 3,5%.

 

References

Hastuti, E. S., Eclarin, L., & Dalam, K. K. S. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual Dalam. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 64–84. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6914

Kosiret, A., Indiyah, F. H., & Wijayanti, D. A. (2021). The Use of Generative Learning Model in Improving Students’ Understanding of Mathematical Concepts of Al-Azhar 19 Islamic High School. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6593

Ku, K. Y. L. (2009). Assessing students’ critical thinking performance: Urging for measurements using multi-response format. Thinking Skills and Creativity, 4(1), 70–76. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2009.02.001

Maulidiya, D., Susanta, A., & Irsal, N. A. (2018). Model Investigasi Berbantuan Geogebra pada Geometri Bidang Abstrak. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(2013), 15–21. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpmj/article/view/4969/3664

Mulligan, J. (2015). Looking within and beyond the geometry curriculum: connecting spatial reasoning to mathematics learning. ZDM Mathematics Education, 47(3), 511–517. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0696-1

NCTM. (2000). A Vision for School Mathematics. Principles and Standards for School Mathematics, 3–8.

Octaviani, K. D., Indrawatiningsih, N., & Afifah, A. (2021). Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6583

Paridjo, & Waluya, S. B. (2017). Analysis Mathematical Communication Skills Students In The Matter Algebra Based Nctm. IOSR Journal of Mathematics, 13(I), 60–66. https://doi.org/10.9790/5728-1301056066

Radford, L. (2008). Connecting theories in mathematics education: challenges and possibilities. ZDM - Mathematics Education, 40(2), 317–327. https://doi.org/10.1007/s11858-008-0090-3

Rahmi, A. (2021). Tahap Preliminary Research Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Transformasi SMA / MA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 14–18.

Rellensmann, J., Schukajlow, S., & Leopold, C. (2017). Make a drawing. Effects of strategic knowledge, drawing accuracy, and type of drawing on students’ mathematical modelling performance. Educational Studies in Mathematics, 95(1), 53–78. https://doi.org/10.1007/s10649-016-9736-1

Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Sommerhoff, D., & Ufer, S. (2019). Acceptance criteria for validating mathematical proofs used by school students, university students, and mathematicians in the context of teaching. ZDM - Mathematics Education, 0(0), 0. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01039-7

Sriraman, B., & English, L. D. (2005). Theories of Mathematics Education: A global survey of theoretical frameworks/trends in mathematics education research. Zdm, 37(6), 450–456. https://doi.org/10.1007/BF02655853

Susanti, E., & Hartono. (2019). Mathematical critical thinking and creative thinking skills: How does their relationship influence mathematical achievement? ACM International Conference Proceeding Series, 63–66. https://doi.org/10.1145/3348400.3348408

Winardi, M. P. A., Halini, & Hamdani. (2019). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).

Published
2021-08-19