Pengaruh Pendekatan Konstrukivisme dengan Strategi Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 99 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23085Keywords:
Kata kunci: Pendekatan Konstruktivisme, Strategi Group Investigation, Kemampuan Pemahaman Konsep MatematisAbstract
This study aims to investigate the effect of the constructivism approach with the group investigation strategy on students' understanding of mathematical concepts at SMP Negeri 99 Jakarta. This research method is a quasi-experimental method with a post-test only control group design. The research instrument used was an instrument to test the ability to understand mathematical concepts in the form of 5 essay questions which had been declared valid and reliable. The target population of the research were all students of SMP Negeri 99 Jakarta with class VIII students of SMP Negeri 99 Jakarta as an affordable population. The sampling technique used purposive sampling selected four classes then with cluster random sampling the research sample was obtained, namely students in class VIII-A and VIII-C of SMP Negeri 99 Jakarta. Testing the statistical hypothesis t-test with a significance level ofReferences
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity, 1(2), 192–202. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.19
Alfansuri, D. U., & Harini, E. (2016). Penerapan Sistem Among dengan Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. In Jurnal Pendidikan Matematika UNION (Vol. 3, Issue 2).
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematik, 8(2), 261–272. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Budi Lestari, A. S., Aisah, S. ., Supriyo, & aufin, muhammad. (2022). Apakah Keaktifan Siswa Dapat Ditingkatkan Melalu Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Guided Discovery Learning?. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i1.8847
Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan pemahaman konsep siswa SMP setelah memperoleh pembelajaran doscovery learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(3), 362–373.
Fitri, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241–257.
Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1, 25–33.
Kuniasih, E., Ammnet, A., & Domingo, M. J. . (2022). Profil Kemampuan Geometri Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Transformasi Geometri. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(2), 100–119. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i2.8876
Priambodo, C. G., Awaludin, A. A., & Alamsyah, N. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontstruktivisme dengan Multimedia Interaktif untuk Mengajarkan Konsep Matematika. Aksioma, 8(2).
Setyawati, R. D., & Ratu, N. (2019). Lapisan Pemahaman Konsep Matematika Dalam Soal Pisa Pada Siswa Sma Kelas X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 193–204. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1890
Yunita, A., Sovia, A., & Hamdunah. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Elemen, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1696
Tamami, M., Santi, V. M., & Aziz, T. A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Materi Statistika. International Journal of Progressive Mathematics Education, 3(1), 24–34. https://doi.org/10.22236/ijopme.v3i1.7620
Yusuf, Y., & Rostika, N. T. (2016). Penggunaan Pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1, 2548–2297.
Zul Hazril, M., Pramono, R. D., & Kamal, M. (2022). Analisis Miskonsepsi Kelas X Matematika Dalam Operasi Bilangan Bulat Dan Pecahan. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(2), 93–99. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i2.8882
Alfansuri, D. U., & Harini, E. (2016). Penerapan Sistem Among dengan Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. In Jurnal Pendidikan Matematika UNION (Vol. 3, Issue 2).
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematik, 8(2), 261–272. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Budi Lestari, A. S., Aisah, S. ., Supriyo, & aufin, muhammad. (2022). Apakah Keaktifan Siswa Dapat Ditingkatkan Melalu Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Guided Discovery Learning?. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i1.8847
Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan pemahaman konsep siswa SMP setelah memperoleh pembelajaran doscovery learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(3), 362–373.
Fitri, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241–257.
Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1, 25–33.
Kuniasih, E., Ammnet, A., & Domingo, M. J. . (2022). Profil Kemampuan Geometri Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Transformasi Geometri. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(2), 100–119. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i2.8876
Priambodo, C. G., Awaludin, A. A., & Alamsyah, N. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontstruktivisme dengan Multimedia Interaktif untuk Mengajarkan Konsep Matematika. Aksioma, 8(2).
Setyawati, R. D., & Ratu, N. (2019). Lapisan Pemahaman Konsep Matematika Dalam Soal Pisa Pada Siswa Sma Kelas X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 193–204. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1890
Yunita, A., Sovia, A., & Hamdunah. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Elemen, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1696
Tamami, M., Santi, V. M., & Aziz, T. A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Materi Statistika. International Journal of Progressive Mathematics Education, 3(1), 24–34. https://doi.org/10.22236/ijopme.v3i1.7620
Yusuf, Y., & Rostika, N. T. (2016). Penggunaan Pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1, 2548–2297.
Zul Hazril, M., Pramono, R. D., & Kamal, M. (2022). Analisis Miskonsepsi Kelas X Matematika Dalam Operasi Bilangan Bulat Dan Pecahan. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(2), 93–99. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i2.8882
Downloads
Published
2023-08-31