Pengaruh Pendekatan Konstrukivisme dengan Strategi Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 99 Jakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pendekatan konstruktivisme dengan strategi group investigation terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 99 Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan post-test only control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa 5 soal uraian yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Populasi target penelitian adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 99 Jakarta dengan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 99 Jakarta sebagai populasi terjangkau. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terpilih empat kelas kemudian dengan cluster random sampling diperoleh sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-A dan VIII-C SMP Negeri 99 Jakarta. Pengujian hipotesis statistik uji-t dengan taraf signifikansi
Referensi
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity, 1(2), 192–202. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.19
Alfansuri, D. U., & Harini, E. (2016). Penerapan Sistem Among dengan Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. In Jurnal Pendidikan Matematika UNION (Vol. 3, Issue 2).
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematik, 8(2), 261–272. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Budi Lestari, A. S., Aisah, S. ., Supriyo, & aufin, muhammad. (2022). Apakah Keaktifan Siswa Dapat Ditingkatkan Melalu Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Guided Discovery Learning?. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i1.8847
Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan pemahaman konsep siswa SMP setelah memperoleh pembelajaran doscovery learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(3), 362–373.
Fitri, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241–257.
Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1, 25–33.
Kuniasih, E., Ammnet, A., & Domingo, M. J. . (2022). Profil Kemampuan Geometri Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Transformasi Geometri. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(2), 100–119. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i2.8876
Priambodo, C. G., Awaludin, A. A., & Alamsyah, N. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontstruktivisme dengan Multimedia Interaktif untuk Mengajarkan Konsep Matematika. Aksioma, 8(2).
Setyawati, R. D., & Ratu, N. (2019). Lapisan Pemahaman Konsep Matematika Dalam Soal Pisa Pada Siswa Sma Kelas X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 193–204. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1890
Yunita, A., Sovia, A., & Hamdunah. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Elemen, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1696
Tamami, M., Santi, V. M., & Aziz, T. A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Materi Statistika. International Journal of Progressive Mathematics Education, 3(1), 24–34. https://doi.org/10.22236/ijopme.v3i1.7620
Yusuf, Y., & Rostika, N. T. (2016). Penggunaan Pembelajaran menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1, 2548–2297.
Zul Hazril, M., Pramono, R. D., & Kamal, M. (2022). Analisis Miskonsepsi Kelas X Matematika Dalam Operasi Bilangan Bulat Dan Pecahan. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(2), 93–99. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i2.8882