Penelitian Literasi Matematis di Sekolah: Pengertian dan Kesulitan-Kesulitan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpmj.v6i1.29024Abstract
Salah satu kemampuan yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian kemampuan literasi matematis dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah literasi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif, dengan mendeskripsikan hasil kajian pustaka dari sekurang-kurangnya 25 artikel yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah Definisi literasi matematis pada OECD berfokus bukan hanya pada penerapan prinsip-prinsip dasar dan prosedur standar tetapi juga melibatkan proses mental atau fungsi kognitif melalui, perumusan, penerapan, kesimpulan dan interpretasi matematika yang melibatkan konteks dalam memecahkan masalah situasi dunia nyata dalam kehidupan individu, pekerjaan, sosial untuk menjadi warga negara yang konstruktif, peduli, dan reflektif untuk masa kini dan nanti; dan kesulitan yang dialami oleh siswa pada kemampuan literasi matematis yaitu kemampuan siswa masih di bawah level 2 pada soal PISA, kemampuan matematika, kesulitan dalam soal pemecahan masalah matematis, anggapan peserta didik bahwa matematika itu sulit sehingga tidak dapat mengerjakan dengan baik, dan siswa belum terbiasa dengan soal-soal yang membutuhkan pemikiran logis, kritis, dan solusi yang aplikatif.
References
Askew, M., Brown, M., Rhodes, V., Johnson, D., & William, D. (1997). Effective teachers of numeracy: Final report. London, England: King‘s College.
Damayanti, N. K. A., Suarsana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Collaborative Learning Model. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 11(1), 33-42.
De Lange, Mathematical Literacy for Living from OECD-PISA Perspective. 2006. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25, p 13-35.
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan literasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem based instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389-398.
Gardiner, A. (2004). What is mathematical literacy? Paper presented at the 10th International Congress on Mathematics Education, ICME-10, July 4–11, 2014, Copenhagen, Denmark.
Genc, M. & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers‘ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 7(3), 222-237.
Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2012). Numeracy across the curriculum. Australian Mathematics Teacher, 68(1), 3-7.
Haara, F. O., Bolstad, O. H., & Jenssen, E. S. (2017). Research on Mathematical Literacy in Schools--Aim, Approach and Attention. European Journal of Science and Mathematics Education, 5(3), 285-313.
Hallet, B., “The Role of Mathematics Courses in the Development of Quantitative Literacy”. 2003. In Madison, B., & Steen, L. (Eds), Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for School and Cholleges.(pp. 91-98). USA: National Council on Education and the Diciplines,
Indah, N., Mania, S., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning di kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(2), 200-210.
Jablonka, E. (2003). Mathematical literacy. In A. Bishop, M. Clements, C. Keitel, J. Kilpatrick, & F. E. Leung (Eds.), Second international handbook of mathematics education (pp. 75-102). Dordrecht, the Netherlands: Kluwer.
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan soal statistika model PISA untuk melatih kemampuan literasi statistika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499-510.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Online. https://kbbi.web.id
Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018, February). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. In Prisma, prosiding seminar nasional matematika (Vol. 1, pp. 588-595).
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.
McCrone, S. S., & Dossey, J. A. (2007). Mathematical literacy— It‘s become fundamental. Principal Leadership, 7(5), 32-37.
McCrone, S. M., Dossey, J. A., Turner, R., & Lindquist, M. M. (2008). Learning about student‘s mathematical literacy from PISA 2003. Mathematics Teacher, 102(1), 34-39.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502.
OECD, PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Raeding, Science, Problem Solving and Financial Literacy, Paris: OECD Publisher, 2013.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (OECD). (2013a). PISA 2012 assessment and analytical framework: Mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. Paris, France: OECD Publishing
Organisation for Economic Co-operation and Development. (OECD). (2013a). PISA 2012 assessment and analytical framework: Mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. Paris, France: OECD Publishing.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (OECD). (2013b). PISA 2012 results: Ready to learn: Students’ engagement, drive and self-beliefs (Volume III). Paris, France: OECD Publishing.
OECD, O. (2019). Social Impact Investment 2019 The Impact Imperative for Sustainable Development. OECD.
Ojose, B. 2011. Mathematics literacy: are we able to put the mathematics we learn into everyday use. Jurnal Internasional, 1, 89-100
Powell, A., & Anderson, C. (2007). Numeracy strategies for African American students: Successful partnerships. Childhood Education, 84(2), 70-84.
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37-48.
Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model Pisa. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 3(2).
Rahmawati, N. I. (2018, February). Pemanfaatan ICT dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 381-387).
Research Advisory Committee of the National Council of Teachers of Mathematics. (1988). NCTM curriculum and evaluation standards for school mathematics: Responses from the research community. Journal for Research in Mathematics Education, 338-344.
Schleicher, A. (1999). Measuring Student Knowledge and Skills: A New Framework for Assessment. Organisation for Economic Co-Operation and Development, Paris, France (US $26). Web site: www. oecd. org.
Sfard, A. (2014). Reflections on Mathematical Literacy: What’s New, Why Should We Care, and What Can We Do About It?. Mathematics & mathematics education: Searching for common ground, 157-174.
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on mathematics education, 2(2), 95-126.
Sugiatno, S., & Husna, N. (2020). Isu-isu kosakata matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(1), 58-66.
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240.
Wardono, W., Waluya, B., Kartono, K., Mulyono, M., & Mariani, S. (2018, February). Literasi matematika siswa smp pada pembelajaran problem based learning realistik edmodo schoology. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 477-497).
Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 27-38.
Withnall, A. (1995). Towards a definition of numeracy. In D. Coben (Ed.), Adults learning maths– A research forum ALM-1: Proceedings of the inaugural conference of adults learning maths–A research forum (pp. 11-17). London, England: Goldsmiths College, University of London in association with Adults Learning Mathematics – A Research Forum