Integrasi Computational Thinking dalam Pengembangan Media Pembelajaran melalui Konstruktivisme

indonesia

  • rosa yuliana universitas negeri jakarta
  • Lukman El Hakim Universitas Negeri Jakarta
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembagan media pembelajaran berbasis computational thinking melalui konstruktivisme. Proses pengembangan media pembelajaran ini sangat dibutuhkan bagi pendidik dalam menyampaikan pesan atau materi dalam proses pembelajaran agar terasa lebih menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR ( Systematic Literature Review). Peneliti menggumpulkan berbagai artikal atau jurnal nasional yang terkait dengan tema yang dibahas. Dari hasil penelitian ini diperoleh dua hal yang terpenting dalam pengembangan media pembelajaran matematika yang pertama adalah konten materi pembelajaran dari media tersebut yang kedua adalah terkait dengan penyajian visualisai dari media tersebut baik dari tampilan, audio dan tulisan dari media pembelajaran tersebut. Konstruktivisme semua pengetahuan dapat dikonstruksikan (dibangun) untuk meningkatkan pengetahuannya melalui pengalaman atau proses evaluasi pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan analisis data yang dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sangatlah penting dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Dengan penggunaan media pembelajaran matematika berbasis computational thinking melalui konstruktivisme sebagai media pembelajaran peserta didik mampu menciptakan suasana proses pembelajaran yang menarik dan membangun suasan baru dalam aktivitas proses pembelajaran matematika.

References

DAFTAR PUSTAKA

Angraini, L. M., Arcat, A., & Sohibun, S. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Computational Thinking Matematis Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 370-383.

Astuti, A., Syahza, A., & Putra, Z. H. (2023). PENELITIAN COMPUTATIONAL THINKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 363-384.

Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan teori konstruktivisme pada pembelajaran daring interaktif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 112-119.

Ihsan, H., & Sutamrin & Arwadi, F. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Berpikir Komputasi Yang Valid dan Reliabel Pada Sekolah Menengah Pertama. In Jurnal Seminar Nasional Hasil Penelitian (pp. 1767-1777).

Khasanah, N., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Media Komik Dengan Model Problem Based Kurniawan, B., Marwan, I., & Abdul, M. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran E-Comic. Edudeena, 1(1), 1–8.

Marifah, S. N. (2022). Systematic Literatur Review: Integrasi Conputational Thinking dalam Kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(5), 928-938.

Marom, S., Lestari, S., & Rochmad, R. (2022). PEMBENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING MELALUI PENDEKATAN FILSAFAT MATEMATIKA. JIPMat, 7(1), 81-89.

Munir, N. P. (2018). Pengembangan buku ajar trigonometri berbasis konstruktivisme dengan media e-learning pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 167-178.

Nugraha, M. Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran, (Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan No.4 Volume 1, 2018).

Nurasiah, N., Paristiowati, M. ., Erdawati, E., & Afrizal, A. (2023). Integration Of Technology In Problem-Based Learning To Improve Students Computational Thinking: Implementation On Polymer Topics. International Journal of Social and Management Studies, 4(2), 65–73. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v4i2.280

Octalia, R. P., Rizal, N., & Ardiansyah, H. S. A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Challenges untuk Meningkatkan Computational Thinking dalam Pembelajaran Mandiri sebagai Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 149-166.

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada

Materi Garis Singgung Lingkaran. MATHEMA JOURNAL, 2(1), 32–39.

Sari, E. I., Huda, N., & Syamsurizal, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme pada Materi Segitiga Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1721-1728.

Supardan, H. D. (2016). Teori dan praktik pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).

Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi logaritma. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 80-92.

Tahrun, T. (2021, April). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Pada Kelas Maya Melalui Lms Sisfo. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. IJIS: Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.

Wangge, M. (2020). Implementasi media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran matematika di sekolah menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38.

Published
2024-02-29