Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP SMART Ekselensia Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMP SMART Ekselensia Indonesia untuk tahun akademik 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP SMART Ekselensia Indonesia. Kemampuan pemecahan masalahan matematika siswa diukur dengan instrumen penelitian berupa 5 soal uraian pada pokok bahasan peluang yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, didapatkan bahwa nilai dan sehingga , sehingga tolak . Besar pengaruh diuji menggunakan Cohen’s Effect Size dan diperoleh nilai d sebesar 1,1. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori large atau besar dengan besar persentase 86%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran model Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP SMART Ekselensia Indonesia.
References
Afifah, UN & Azizah, U 2021, ‘Implementation of guided inquiry based on blended learning to improve students’ metacognitive skills in reaction rate’, International Journal of Chemistry Education Research, pp. 1-11.
Alzaber, Suripah and Susanti, WD 2021, ‘Pengembangan Buku Ajar Untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika (Dppm)’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 4, p. 2291, Available at:https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131.
Ananda, R 2019, ‘Perencanaan Pembelajaran (Amiruddin (ed.); 1st ed.)’, Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Aprima, D & Sari, S 2022, ‘Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia’, Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 13, no. 1, pp. 95-101, https://iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960.
Arikunto, S 2013, ‘Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan’, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto 2010, ‘Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Asni, A, Wildan, W & Hadisaputra, S 2020, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon’, Chemistry Education Practice, vol. 3, no. 1, p. 17, Available at: https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1450.
Calesta, W, Lubis, PHM & Sugiarti, S 2021, ‘Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa kelas X SMA’, Jurnal Kumparan Fisika, vol. 4, no. 1, pp. 51-60, Available at: https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.51-60.
Elsafayanti, F, Ahiri, J & Basri, AM 2022, ‘Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Yang Di Ajar Dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kedari’, Accounting : Jurnal Pendidikan Akuntansi, vol. 2, no. 3, pp. 117-125.
Hanifah, N & Djuanda, D 2023, ‘Perspektif Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Perangkat Ajar Pada Kurikulum Merdeka’, In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), vol. 2, no. 2, pp. 173-182).
Hartoyo, A & Rahmadayanti, D 2022, ‘Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2247-2255, Available at: https;//jbasic.org/index.php/basicedu.
Herayanti, L, Widodo, W, Susantini, E & Gunawan, G 2020, ‘The effectiveness of blended learning model based on inquiry collaborative tutorial toward students’ problem-solving skills in physics’, Journal for the Education of Gifted Young Scientists, vol. 8, no. 3, 959-972.
Herliana, F, Elisa, E, Farhan, A & Astra, IM 2022, ‘The Relationship of Motivation and Self-regulated Learning through Blended Learning in the Covid-19 Era’, JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), vol. 7, no. 1, pp. 50-59.
Herliana, F, Farhan, A, Syukri, M & Mahzum, E 2021, ‘Perception of Novice Learners Using Blended Learning Approach During the Covid-19 Pandemic’, In Journal of Physics: Conference Series IOP Publishing, vol. 2019, no. 1, p. 012032.
Hilarius, JD & Herawati, S 2019, ‘Enhancing different ethnicity science process skills: Problem-based learning through practicum and authentic assessment’, International Journal of Instruction.
Jusman et al. 2020, ‘Perbandingan Pemahaman Translasi antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Uin Alauddin Makassar’, Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 8, 1, pp. 22-29.
Jusman, Anggereni, S, Hajeriati, Alii, M & Ikbal 2020, ‘Perbandingan Pemahaman Translasi antara Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Uin Alauddin Makassar’, Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 22-29.
Kasli, E, Farhan, A, Susanna, S, Herliana, F & Wahyuni, S 2022, ‘Overview of teacher ability using core type cooperative model with blended learning method to increase student learning outcomes’, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 8, no. 2, pp. 1012-1017.
Kasli, E, Farhan, A, Susanna, S, Herliana, F & Wahyuni, S 2022, ‘Overview of teacher ability using core type cooperative model with blended learning method to increase student learning outcomes’, Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 8, no. 2, pp. 1012-1017.
Kosasih, E 2021, ‘Pengembangan Bahan Ajar’, Jakarta, PT Bumi Aksara.
Lovisia, E 2018, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar’, Science and Physics Education Journal (SPEJ), vol. 2, no. 1, pp. 1-10, Available at: https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.
Maulani, S, Nuraisyah, N, Zarina, D, Velinda, I & Aeni, AN 2022, ‘Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 19-26.
Maulida, U 2022, ‘Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka’, vol. 5, no. 2, pp. 130-138.
Miharti, SF, Harizon, H & Zurweni, Z 2021, ‘Development of student worksheet for blended learning based guide inquiry and science process skill in reduction and oxidation reaction’, Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 13, no. 2, pp. 103-112.
Minarti, IB, Dewi, LR & Setiyaningsih, II 2023, ‘Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Biologi SMA Di Sekolah Penggerak Kabupaten Demak’, Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 4, pp. 6942-6956.
Ndaru Kukuh Masgumelar & Pinton Setya Mustafa 2021, ‘Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended learning Untuk Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga), vol. 6, no. 1, pp. 133-144, Available at: https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222
Rachmawati, Wijayanti, R & Kartika, ED, 2019, ‘Media Mobile Learning pada Matematika Berbasis Pendidikan Karakteristik Untuk Menunjang Revitalisasi SMK’ (1st ed.)’, Media Nusa Creative.
Rahimah, R 2022, ‘Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022’, Jurnal Ansiru PAI, vol. 6, no. 1, pp. 92-106, available at: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/12537
Rahmi, U & Azrul 2022, ‘Desain dan Implementasi Blended learning’, 1st edn, Edited by T.A. Prabawati, Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Ramadania, F & Aswadi, D 2020, ‘Blended learning dalam Merdeka Belajar Teks Eksposisi’, Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 5, no. 1, pp. 10-21, Available at: https://doi.org/10.33654/sti.v5i1.1014
Rawung, WH et al. 2021, ‘Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21’, Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, vol. 10, no. 1, p. 29, Available at: https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112127.
Rohyatun, R 2017, ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA’.
Rusnaini, R, Raharjo, R, Suryaningsih, A & Noventari, W 2021, ‘Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa’, Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 27, no. 2, pp. 230-249.
Saekawati, R & Nasrudin, H 2021, ‘Effectiveness of guided inquiry-based on blended learning in improving critical thinking skills’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol. 14, no. 1, pp. 53-68.
Sasmita, E & Darmansyah, D 2022, ‘Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso)’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, pp. 5545-5549.
Sigalingging, R 2022, ‘Guru Penggerak Dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka Menciptakan Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Anak’, Edited by H. Nurahayu, Tata Akbar.
Sudijono, A 2011, ‘Pengantar Evaluasi Pendidikan’, Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Syukri, M, Herliana, F, Amalia, R & Wahyuni, S 2022, ‘The Implementation of PBL Based on Blended Learning to Improve Students’ Creative Thinking in Physics Learning’, In Journal of Physics: Conference Series IOP Publishing, vol. 2377, no. 1, p. 012085.
Verawati & Desprayoga 2019, ‘Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning’, Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, Universitas PGRI Palembang, pp. 1183-1192.
Wantiana, I & Mellisa, M 2023, ‘Kendala guru dalam penerapan kurikulum merdeka’, Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 3, pp. 1461-1465.
Yustina & Putra, RA 2022, ‘Buku Referensi Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Blended learning. Edited by Andriyanto, Klaten, Jawa Tengah: Lakeisha.