Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat KelasVII
Keywords:
Pemahaman konsep matematis, soal cerita, kuisionerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sintang dalam memahami konsep matematis dan melihat bagaimana minat belajar siswa pada pelajaran matematika dengan subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifjenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, soal tes dan kuisioner , Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Soal tes yang dirancang dengan bentuk soal cerita untuk mengukurkemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bilangan bulat dan lembar kuisioner di gunakan untuk mengetahui minat belajar matematika siswa. Hasil tes kemudian di evaluasi berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika , yaitu : 1) kemampuan untuk mejelaskan definisi dengan kata-kata sendiri berdasarkansifat-sifat atau ciri-ciri yang sangatmendasar; 2) kemampuan untuk membuat atau menyebutkan contoh danyang bukan contoh; 3) kemampuan untuk menggunakan konsep dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkanhasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dan minatbelajarmatematikasiswaterbilang rendah,halinidilihatdariketidakmampuansiswamemenuhiharapansetiapindikator.
References
Anam,K.(2015).Pengaruhmediapembelajaranterhadapminatbelajarsiswapadamatapelajaranpaidismpbanimuqimanbangkalan.JurnalPendidikanIslam,4(2),17.
Buyung, B., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada MataPelajaranMatematikaDiSD 14SemperiukA.JournalofEducationalReviewandResearch,5(1),46-51.
Sopia, N., Setiawan, B., Rismawati, M., Andri, A., & Nasari, J. (2023). Analisis Kemampuan PemecahanMasalah Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa SMP. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 755-764.
Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswaPGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian PendidikanDasar,4(1),91-105.
Radiusman, R. (2020). Studi literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI:JurnalPendidikanMatematikaDanMatematika,6 (1),1–8.
Pranajaya,D.,Nurhayati,N.,&Prihatingtyas,N.C.(2020).AnalisisKemampuanPemahamanKonsepMatematisDitinjauDariMinatBelajarSiswaPadaMateriHimpunanKelasVIISMPNegeri8Singkawang.JournalofEducationalReviewandResearch,3(2),86.
Daimah, U. S. (2023). Pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka dalam mempersiapkan peserta didikdierasociety5.0.Sepren, 4(02),131-139.
Febrianti, S., Aniswita, A., & Fernandes, R. (2022). Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XII TKJ Di SMKPembina BangsaBukittinggi.KOLONI,1(4),483-490.
Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada MateriHimpunan: Study Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Symmetry: Pasundan Journal of Research in MathematicsLearningandEducation,3(2),93-102.
Buyung,B.,Wahyuni,R.,&Mariyam,M.(2022).FaktorPenyebabRendahnyaPemahamanSiswaPadaMataPelajaranMatematika DiSD14 Semperiuk A.JournalofEducationalReviewandResearch,5(1),46-51.