Pengaruh Pendekatan M-APOS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri di Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4959Keywords:
kemampuan penalaran matematis, pendekatan M-APOSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan M-APOS terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Tangerang dan SMP Negeri 4 Tangerang tahun ajaran 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik random sampling sebanyak 100 siswa yang terbagi menjadi 50 siswa kelas eksperimen dan 50 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian telah diuji cobakan kepada 36 siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Tangerang. Setelah melalui proses uji validitas dengan rumus Product Moment didapat 7 soal yang valid dari 7 soal yang ada serta reliabel dengan rumus Alpha Cronbach. Sebelum data di analisis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan Levene-Test. Setelah dilakukan perhitungan didapat bahwa data kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh dan 1,6637. Karena maka ditolak. Simpulannya adalah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan pendekatan M-APOS dan pembelajaran ekspositori. Hal ini juga menyatakan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan pendekatan M-APOS lebih tinggi dibandingkan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pendekatan ekspositori.