Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing t terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa

Authors

  • Gusni Satriawati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Eva Musyrifah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Sigit Purwanto UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4961

Keywords:

Strategi Active Knowledge Sharing, Kemampuan Komunikasi Matematik

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Post Test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes essay sebanyak 6 soal untuk mengukur kemampuan komunikasi matematik. Untuk teknik analisis data penelitian menggunakan uji perbandingan satu arah dengan uji “tâ€. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  nilai thitung sebesar 1,92 dan ttabel sebesar 1,671, karena thitung lebih besar dari ttabel  (1,92 > 1,67) maka Ha diterima. Artinya rata- rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan strategi Active Knowledge Sharing  lebih tinggi dari rata- rata kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan metode konvensional.

Downloads

Published

2018-01-01