Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Negeri 48 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.032.01Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan ialah Control-group post-test only design. Populasi penelitian ini ialah siswa SMA Negeri 48 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas X-IPS-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPS-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji-t diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA Negeri 48 Jakarta.