Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Android dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.052.10Keywords:
modul matematika, SPLDV, construc 2, 4DAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan peserta didik dan guru. Berdasarkan analisis kebutuhan didapat data paling banyak 17,14% peserta didik kesulitan pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Sebanyak 50,00% peserta didik menginginkan modul sebagai bahan ajar. Sedangkan guru memerlukan sebuah bahan ajar yang dapat mengikuti perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Android dengan pendekatan CTL pada materi SPLDV. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan Software Construc 2 dan metode RnD yang mengacu pada model 4D. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini berlandaskan pada metode kombinasi model embedded concurrent. Modul Android yang dikembangkan telah melalui validasi ahli media dengan nilai persentase rata-rata sebesar 80,83% dengan kriteria “Layak”. Hasil penilaian oleh ahli materi dan bahasa diperoleh persentase rata-rata sebesar 86,67% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian oleh guru matematika diperoleh persentase rata-rata sebesar 87,39% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil akhir penilaian pada uji coba kelompok kecil dan besar masing-masing diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 99,25% dan 95,46% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sehingga modul berbasis aplikasi Android yang dikembangkan memperoleh kategori sangat layak untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah dengan rata-rata keseluruhan adalah 89,72%.