Pengembangan Aplikasi Berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.051.08Keywords:
media pembelajaran, android, bentuk aljabar, SMP, pendekatan CTL, research and developmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi Android untuk siswa SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan adalah materi bentuk aljabar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan CTL memiliki delapan komponen utama dalam proses pembelajaran, yakni pembelajaran mandiri, membuat keterkaitan yang bermakna, melakukan pekerjaan yang berarti, bekerja sama, berpikir kritis dan kreatif, memelihara pribadi untuk tumbuh dan berkembang, mencapai standar yang tinggi, dan menggunakan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Tahapan yang dilakukan mengacu pada model ADDIE yaitu sebagai berikut: tahap penelitian pendahuluan (Analysis), tahap perencanaan produk (Design), tahap pengembangan dan validasi produk (Development), tahap uji coba lapangan (Implementation), dan tahap evaluasi akhir produk (Evaluation). Berdasarkan validasi ahli materi dan bahasa, serta ahli media, secara keseluruhan aspek materi dan bahasa memperoleh persentase rata-rata 84,17% yang berkategori sangat baik dan aspek media memperoleh persentase rata-rata 86,79% yang berkategori sangat baik. Pada hasil uji coba lapangan oleh guru, secara keseluruhan memperoleh persentase 92,90% yang berkategori sangat baik. Pada uji coba lapangan skala kecil, secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 88,44% yang berkategori sangat baik. Kemudian pada uji coba lapangan skala besar, secara keseluruhan memperoleh persentase rata-rata 91,10% yang berkategori sangat baik. Berdasarkan validasi ahli materi dan bahasa, ahli media, evaluasi guru, serta uji coba lapangan skala kecil dan besar, dapat disimpulkan bahwa produk aplikasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP kelas VII.