Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berupa Aplikasi Komik Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP

  • Wulansari Universitas Negeri Jakarta
  • Tri Murdiyanto Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Rohmah Rohimah Universitas Negeri Jakarta

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan peserta didik dan guru. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, sebanyak 37,5% peserta didik merasa kesulitan dalam mempelajari materi bentuk aljabar. Sebanyak 58,7% peserta didik menyatakan pembelajaran matematika belum dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran yang diinginkan oleh peserta didik adalah komik dengan persentase 41,67%. Sebanyak 83,33% peserta didik menghabiskan waktu luang dengan membuka gadget. Menurut pendapat guru, kriteria media pembelajaran yang baik yaitu media pembelajaran yang dapat membuat peserta didik merasa senang ketika belajar matematika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi komik matematika sebagai media pembelajaran interaktif dengan pendekatan kontekstual pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Developmet dengan model Bergman dan Moore. Tahapan penelitian pengembangan pada model Bergman dan Moore yaitu analisis, desain, pengembangan, produksi, penggabungan, dan validasi. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini berlandaskan pada metode kombinasi dengan model embedded concurrent. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa aplikasi komik matematika dengan kategori sangat layak berdasarkan hasil dari validasi ahli media, validasi ahli materi dan bahasa, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar dengan skor rata-rata sebesar 90,44%. Sehingga Aplikasi komik matemaika yang dikembangkan dapat  digunakan dalam proses pembelajaran pada materi bentuk aljabar kelas 7 SMP.

Diterbitkan
2021-10-12