Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik melalui Pendekatan Kontekstual dengan Pembelajaran Problem Posing pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII-2 SMP Negeri 71 Jakarta

Authors

  • Ester Sinaga Universitas Negeri Jakarta
  • Swida Purwanto Universitas Negeri Jakarta
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.051.05

Keywords:

kemampuan representasi matematis, model pembelajaran problem posing, pendekatan kontekstual, sistem persamaan linear dua variabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII-2 di SMP Negeri 71 Jakarta pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model pembelajaran problem posing melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, analisis, dan refleksi. Terdapat enam subjek penelitian dalam penelitian ini. Keenam subjek penelitian terdiri dari dua orang peserta didik yang berkemampuan akademis tinggi, dua orang peserta didik yang berkemampuan akademis sedang, dan dua orang peserta didik yang berkemampuan akademis rendah. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes awal pada kegiatan pendahuluan, memberikan tes kemampuan representasi matematis pada tiap akhir siklus, observasi dan dokumentasi selama kegiatan pembelajaran, dan wawancara setelah kegiatan pembelajaran. Data tersebut kemudian akan dianalisis secara deskripsi dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII-2 di SMP Negeri 71 Jakarta pada materi sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan model pembelajaran problem posing melalui pendekatan kontekstual. Peningkatan kemampuan representasi matematis ini terbukti dari hasil tes kemampuan representasi matematis pada setiap akhir siklus. Rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII-2 di SMP Negeri 71 pada siklus I sebesar 65,48, pada siklus II sebesar 74,72, dan pada siklus III sebesar 82,54. Selain itu, persentase peserta didik yang memperoleh nilai dengan kategori baik atau lebih meningkat pada setiap akhir siklusnya, yaitu pada siklus I sebesar 38,9%, siklus II sebesar 66,7%, dan siklus III sebesar 86,1%.

Downloads

Published

2021-03-07