Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMPN 99 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.052.04Keywords:
model pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran jarak jauh, kemampuan pemahaman konsep matematis, segi empat dan segitigaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada kelas VII SMPN 99 Jakarta dengan pokok bahasan segi empat dan segitiga di semester genap tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian quasi experiment digunakan pada penelitian ini, yakni dengan posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa instrumen tes yang terdiri dari 4 soal uraian. Instrumen telah melalui uji validitas dan reliabilitas sebelum diberikan kepada sampel. Hasil analisis data berdasarkan uji t menunjukkan keputusan tolak bertaraf signifikansi karena . Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dalam pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMPN 99 Jakarta. Adapun hasil perhitungan uji Cohen’s d yaitu sebesar 0,830 sehingga besar signifikansi pengaruh tergolong tinggi dengan persentasenya yaitu 79%.