Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Edmodo dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tambun Selatan pada Materi Limit Fungsi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.052.09Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, e-learning, edmodoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan model e-learning menggunakan Edmodo dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan dalam 3 siklus dengan total 10 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Tambun Selatan dari setiap kategori kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar dari keenam subjek penelitian sehingga pembelajaran matematika berbantuan Edmodo mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Nilai rata-rata keenam subjek dan persentase ketuntasan belajar yang terus meningkat dari siklus I hingga siklus III dengan persentase tiap butir indikator pemecahan masalah dari siklus I hingga siklus III adalah sebagai berikut: (a) kemampuan memahami masalah meningkat dari 79,17% menjadi 88,89%, (b) kemampuan memilih strategi pemecahan masalah yang tepat meningkat dari 77,08% menjadi 97,22%, (c) menyelesaikan masalah dengan menerapkan strategi yang telah ditentukan meningkat dari 66,67% menjadi 86,11%, (d) verifikasi dan interpretasi hasil meningkat dari 66,67% menjadi 77,78%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Edmodo efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.