Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Integral untuk Siswa SMK Bisnis dan Manajemen
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.061.07Keywords:
buku ajar matematika, integral, pendekatan kontekstual, research and developmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar matematika untuk siswa tingkat sekolah menengah kejuruan. Pengembangan buku ajar matematika ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan pada tingkat kejuruan masih belum memenuhi kebutuhan kompetensi siswa SMK sehingga pemahaman dan minat siswa terhadap materi matematika kurang . Hal ini diperkuat oleh hasil analisis kebutuhan siswa di SMK Bisnis dan Manajemen, yaitu 86 % siswa menyatakan kesulitan dalam mempelajari matematika serta 68% siswa menyatakan kompetensi yang ingin dicapai dalam penggunaan bahan ajar ialah yang berkaitan dengan bisnis dan manajemen. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang akan dikembangkan ialah integral dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang mengacu pada model Borg & Gall. Bahasa. Buku ajar matematika yang dikembangkan telah melalui proses validasi dan revisi oleh ahli materi dan bahasa dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87,22% dengan kategori sangat baik, dan validasi ahli media dengan nilai persentase rata-rata sebesar 89,64% dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil evaluasi guru diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 84,77% dengan kategori sangat baik. Pada hasil uji coba siswa kelompok kecil diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 84,65% dengan kategori sangat baik dan uji coba siswa kelompok besar diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 84,47% dengan kategori sangat baik. Sehingga buku ajar matematika yang dikembangkan layak untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah dengan rata-rata keseluruhan sebesar 86,15%.