Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 SMAN 77 Jakarta Pada Materi Program Linear dan Matriks

  • Ingriani Indah Amini Universitas Negeri Jakarta
  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta
  • Lukman El Hakim Universitas Negeri Jakarta
Keywords: kemampuan berpikir kritis, model problem based learning (PBL), pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model PBL berbasis daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 77 Jakarta materi program linear dan matriks. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian sebanyak enam orang yang mewakili peserta didik dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah berdasarkan hasil tes kemampuan awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika pada materi program linear dan matriks dengan menerapkan model PBL berbasis daring dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui proses diskusi dalam menyelesaian masalah yang disajikan dalam lembar kerja. Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh pada tes kemampuan awal sebesar 23, rata-rata tes akhir siklus I sebesar 76, rata-rata tes akhir siklus II sebesar 78,4, dan rata-rata tes akhir siklus III sebesar 87,03. Selain itu, persentase peserta didik yang memperoleh nilai pada kategori minimal baik sejak pelaksanaan tes kemampuan awal berpikir kritis sebesar 2,5%, tes akhir siklus I sebesar 72,5%, tes akhir siklus II sebesar 82,5%, dan tes akhir sikus III sebesar 90%.

Published
2022-03-31