Perbandingan antara Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repitition dan Kolaboratif Tipe Round Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberi model pembelajaran Auditory Intellectually Repitition, 2). Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberi model pembelajaran kolaboratif tipe round robin, 3). Mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi modelĀ pembelajaran auditory intellectually repitition dan kolaboratif tipe round robin, 4).Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran auditory intellectually repitition dan kolaboratif tipe round robin. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Salman Assalam dengan metode yang digunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental dalam bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan kelas VIII C terdiri dari 20 siswa dan VIII D terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes berupa pretest-postest dalam bentuk uraian, angket respon siswa dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan n-gain adalah sebesar 0,41. 2). Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan n-gain adalah sebesar 0,62. 3). Terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran auditory intellectually repitition dan kolaboratif tipe round robin dengan nilai signifikansi sebesar 0,04, 4). Respon siswa pada penerapan model pembelajaran AIR sebesar 72,33% (cukup baik) dan kolaboratif tipe round robin sebesar 78,04 (baik).