Pengembangan LKS Matematika Berbasis SQ3R Pada Materi Satuan Sudut dan Perbandingan Trigonometri untuk Peserta Didik Homeschooling Setara SMA Kelas X
Abstract
Peserta didik membutuhkan bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri dimanapun dan kapanpun ia berada. Penggunaan LKS matematika berbasis SQ3R ini dapat membantu peserta didik dalam melatih kemampuannya untuk belajar secara mandiri dan dapat digunakan kapanpun sesuai keinginan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari pengembangan LKS matematika berbasis SQ3R untuk peserta didik homeschooling setara SMA kelas X. Kriteria efektivitas yang dinilai adalah kelayakan, hasil uji tes LKS sebagai produk pengembangan dan respon peserta didik dalam penggunaan produk pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Dick and Carey yang meliputi, identifikasi tujuan instruksional, identifikasi analisis instruksional, analisis karakteristik peserta didik dan konteks pembelajaran, perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan instrumen penilaian, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan dan pemilihan bahan ajar, perancangan evaluasi formatif, revisi produk pembelajaran dan perancangan evaluasi sumatif. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa kualitas pengembangan LKS berbasis SQ3R pada materi satuan sudut dan perbandingan trigonometri untuk peserta didik homeschooling setara SMA kelas X dikategorikan sangat layak dengan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 86,06%, dikatakan efektif karena hasil uji coba tes dan respon peserta didik mendapatkan rata-rata persentase sebesar 86% dan 87% dengan kategori sangat baik.