Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Program Linear untuk Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.061.08Keywords:
modul, program linear, pendekatan kontekstual, Borg dan Gall, research and developmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul matematika materi program linear untuk siswa kelas XI SMA. Modul matematika ini dibuat karena bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran, sementara bahan ajar yang digunakan di sekolah kurang menarik minat siswa untuk mempelajarinya dan sulit untuk dipahami siswa. Modul dikembangkan dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata. Model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg dan Gall yang telah disederhanakan oleh puslitjaknov. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: a) penelitian pendahuluan berupa wawancara kepada guru matematika dan penyebaran kuesioner kepada siswa; b) pengembangan produk yang dimulai dengan pembuatan garis besar isi media; c) validasi ahli; d) uji coba lapangan skala kecil; e) uji coba lapangan skala besar. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa modul program linear dengan pendekatan kontekstual dinyatakan valid dan layak digunakan dengan skor rata-rata 91% untuk aspek materi dan bahasa, serta 85% untuk aspek media. Modul juga mendapatkan respon yang positif dari guru dan siswa. Modul mendapatkan skor rata-rata 85% dari guru. Sedangkan dari siswa mendapatkan skor rata-rata 86% pada uji coba lapangan skala kecil dan 83% pada uji coba lapangan skala besar. Berdasarkan skor rata-rata tersebut, modul dikategorikan sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi program linear untuk siswa kelas XI SMA.