Penggunaan Media Google Classroom Terhadap Respon Siswa pada Materi Persamaan Nilai Mutlak

Authors

  • Nanda Sarah Sinta Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Yuyun Yunarti Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.062.04

Keywords:

google classroom, media pembelajaran, respon siswa

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar dan semangat siswa (respon siswa) dalam pembelajaran online salah satunya yaitu dengan menerapkan pembelajaran menggunakan aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Salah satu media pembelajaran daring yang digunakan saat ini dan sedang berkembang adalah google classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media google classroom terhadap respon siswa pada mata pelajaran matematika di SMK Muhammadiyah 1 Metro pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang berbasis ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Metro tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah instrument angket google classroom dan respon siswa. Analisis yang dilakukan ditinjau dari segi validitas isi, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi dan signifikansi korelasi dengan bantuan program microsoft excel dan SPSS V.25.0. Hasil analisis diperoleh signifikansi korelasinya memiliki hubungan yang kuat, hal ini ditunjukan dengan hasil perhitungan korelasi dengan menggunakan uji hipotesis korelasi product moment diperoleh hasil nilai korelasi sebesar 0,663 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara kedua variable tersebut, selanjutnya dilakukan uji signifikansi yang menunjukan p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan penggunaan media google classroom terhadap respon siswa, artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.

 

Downloads

Published

2022-10-01