Pengembangan Multimedia Berbasis Android dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Authors

  • Laelatul Maghfiroh Universitas Negeri Jakarta
  • Tri Murdiyanto Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Antari Wijayanti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.062.08

Keywords:

multimedia interaktif, android, SPLDV, pendekatan kontekstual, ADDIE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan kontekstual pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi dan pendekatan yang digunakan masing-masing adalah sistem persamaan linier dua variabel dan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, dan merujuk pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; dan 5) Evaluation. Pengembangan produk multimedia interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Smart Apps Creator. Produk yang dihasilkan mendapat penilaian dari ahli dengan rincian sebesar 91,5% dari validasi ahli materi dan Bahasa, dan sebesar 83,7% dari validasi ahli media. Penilaian evaluasi uji coba guru kelompok kecil dan besar masing-masing 97,2% dan 97,4%. Penilaian evaluasi uji coba siswa kelompok kecil dan besar masing-masing 95,7% dan 96,67%. Adapun nilai rata-rata keseluruhan produk multimedia interaktif berbasis android berdasarkan validasi dari ahli dan evaluasi uji coba adalah sebesar 93,7% dengan kriteria sangat baik. Sehingga, produk multimedia interaktif berbasis android dengan pendekatan kontekstual dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi kelas VIII SMP.

Downloads

Published

2022-10-01