Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-esteem Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Kota Bekasi

  • Nurlailatul Qiram Universitas Negeri Jakarta
  • Ellis Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Qorry Meidianingsih Universitas Negeri Jakarta
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, self-esteem dalam pembelajaran matematika, kemampuan komunikasi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis dan interaksi antara model pembelajaran dengan self-esteem terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII.G dan VIII.I SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari 5 soal uraian materi lingkaran untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan 10 pernyataan angket untuk mengukur self-esteem siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil pengujian hipotesis dengan ANOVA Dua Arah menggunakan , dapat disimpulkan (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self-esteem siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Published
2022-10-01