Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Logaritma SMA Kelas X

Authors

  • Andita Sulistyaningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Makmuri Makmuri Universitas Negeri Jakarta
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.062.09

Keywords:

modul elektronik, model pembelajaran guided inquiry, logaritma, construct 2

Abstract

Perubahan pelaksanaan pendidikan menjadi pembelajaran daring membuat guru dan siswa perlu beradaptasi, begitu juga dengan sumber belajar yang digunakannya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, siswa kesulitan dalam memahami materi matematika terutama logaritma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul matematika berbentuk elektronik yang menerapkan model pembelajaran guided inquiry dalam menyajikan materi logaritma dengan menggunakan Construct 2 serta mengetahui kelayakan modul yang dihasilkan. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Materi logaritma disajikan dalam empat kegiatan belajar. Hasil rata-rata penilaian modul elektronik sebesar 91,37% sehingga dapat disimpulkan bahwa modul memiliki kriteria sangat layak.

Downloads

Published

2022-10-01