Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik SMAN 1 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.071.05Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), Kemampuan Berpikir AnalitisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Jakarta. Kemampuan berpikir analitis peserta didik diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu empat soal uraian pada pokok bahasan program linear yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi serta derajat kebebasan (dk) = 65, diperoleh bahwa statistik uji t = 3,310 > 1,669, sehingga ditolak yang berarti bahwa rata-rata kemampuan berpikir analitis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kemudian diperoleh nilai Cohen’s d sebesar dengan persentase besar pengaruhnya sebesar 79% yang termasuk ke dalam kategori large (besar). Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik SMAN 1 Jakarta.