Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 1 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.071.06Keywords:
Pendekatan Kontekstual, Strategi Think Talk Write, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendekatan kontekstual dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Jakarta. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu empat soal uraian pada pokok bahasan program linear yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi , diperoleh bahwa dan sehingga , maka ditolak dan nilai Cohen’s d diperoleh perhitungan sebesar yang termasuk ke dalam kategori Large (besar) dengan presentase sebesar 79%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pendekatan kontekstual dengan strategi think talk write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMAN 1 Jakarta.