Pengaruh Pendekatan PMRI Berbantu Geogebra pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Labschool Cibubur

  • Farida Gusnia State University of Jakarta
  • Pinta Deniyanti Sampoerno Universitas Negeri Jakarta
  • Vera Maya Santi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: PMRI, Geogebra, Kemampuan, Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep siswa di Indonesia masih rendah sehingga perlu ditingkatkan melalui inovasi pembelajaran. Penerapan pendekatan PMRI berbantu media Geogebra merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menguji apakah penerapan pendekatan PMRI berbantu Geogebra dalam pembelajaran jarak jauh berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode yang digunakan untuk meneliti hal tersebut adalah metode kuasi eksperimen dan desain penelitiannya adalah Posttest Only Control Group. Simple Random Sampling adalah teknik pengambilan sampel penelitian. Kemudian yang terpilih sebagai sampel adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-F SMP Labschool Cibubur. Instrumen penelitian berupa 8 soal uraian terkait Persamaan Garis Lurus yang telah valid dan reliabel merupakan instrumen yang mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Data yang diperoleh setelah penelitian kemudian dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji besar pengaruh. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-

Published
2023-03-29