Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Keterampilan Proses

  • Prima Riyani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Keterampilan Proses, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dalam suatu pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang baik dan cocok dengan pendekatan keterampilan proses dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model yang paling baik dan cocok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses.

Published
2023-03-29