Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Newman's Error Analysis (NEA) Kelas VII SMP NEGERI 187 JAKARTA

  • Wiranti WT Universitas Negeri Jakarta
  • Meiliasari
  • Leny Dhianti
Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Aritmatika Sosial, Newman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dilihat dari aspek keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial berdasarkan tahapan  Newman’s Error Analysis (NEA) Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa, dengan kriteria: 4 siswa yang melakukan kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa lain dan 4 siswa yang melakukan kesalahan yang unik atau berbeda dengan siswa lain. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis diadakan secara offline, sedangkan wawancara dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial diantaranya: 1) Kesalahan membaca; 2) Kesalahan memahami masalah; 3) Kesalahan transformasi; 4) Kesalahan keterampilan proses; 5) Kesalahan penulisan jawaban akhir. Terdapat 4 faktor penyebab kesalahan ditinjau aspek keterampilan siswa yakni dari segi: 1) linguistik: penguasaan kata/kalimat yang kurang baik dan belum matang, tidak bisa menyusun kata yang dipikirkan sesuai dengan pemahaman terhadap maksud soal; 2) perseptual: membaca dengan teknik superficial reading (membaca dangkal), kurang memilki keterampilan dalam menentukan posisi nilai tempat pada suatu bilangan; 3) berhitung: tidak menguasai keterampilan pada operasi pada matematika, kurang berlatih menyelesaikan soal cerita dengan variasi yang berbeda; 4) atensional: kekurang cermatan, tidak memahami apa yang diminta pada soal.

Published
2023-03-29