Pengaruh Model Case-Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik SMA Negeri 03 Tambun Selatan
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.071.09Keywords:
model case-based learning, kemampuan penalaran matematis, sistem persamaan linier tiga variabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model case-based learning terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Desain metode kuasi eksperimen yang digunakan yaitu post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 2 dan X IPS 3 di SMA Negeri 03 Tambun Selatan. Kemampuan penalaran matematis peserta didik diukur menggunakan instrument penelitian yang terdiri dari lima soal uraian pada materi sistem persamaan linier tiga variabel yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi , diperoleh bahwa dan sehingga didapat , maka ditolak dengan nilai Cohen’s Effect Size yang diperoleh sebesar yang termasuk dalam kategori besar dengan presentase . Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil perhitungan tersebut adalah rata-rata kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menerapkan model case-based learning lebih tinggi daripada peserta didik yang menerapkan model konvensional.